Morfologi Kucing
Kucing adalah salah satu hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae.
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat populer dan terkenal. Kucing ini memiliki dua nama latin yang sangat lazim di dengar yaitu Felis catus atau felis silvestris catus. kucing ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri mulai dari prilakunya lucu, bulu lembut, dan juga mudah melakukan pemeliharaan.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 5.000 tahun SM, dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Sejak zaman 3.500 SM, orang Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.
Klasifikasi Kucing
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mamalia
Ordo : Karnivora
Famili : Felidae
Genus : Felis
Spesies : Felis catus atau felis silvestris catus
Kucing adalah hewan dengan bagian tubuh spektakuler, mulai dari organ fisik bagian luar hingga bagian dalam. Setiap bagian tubuh tersebut tertata pada tempatnya dengan fungsi luar biasa.
Setiap jenis kucing mempunyai bentuk, warna bulu, dan karakteristik yang khas. Bahkan setiap jenisnya memiliki wajah unik, mulai kucing berwajah datar hingga bulat. Ada juga kucing dengan telinga menunjuk ke atas dan ada pula yang terlipat dengan berbagai ukuran. Panjang bulunya pun ada yang panjang, pendek, keriting, bahkan tidak berbulu.
Kucing memiliki mata yang dilengkapi selaput pelangi atau iris berbentuk celah. Uniknya, iris mata kucing mampu menyempit dan melebar sesuai kondisi lingkungannya. Ketika iris tersebut menyerap banyak cahaya yang biasanya diperoleh dari sinar matahari ataupun lampu, maka iris mata tersebut akan mengecil dan berbentuk melengkung kerucut. Begitupun sebaliknya, apabila iris mata kucing menyerap sedikit cahaya yang biasanya terjadi di malam hari atau ketika kucing berada di ruangan gelap, maka iris kucing akan melebar dan berbentuk bulat.
Bulu pada kucing sangat lembut, tebal dan mudah rontok. Karenakan bulu pada kucing sangat rentan terhadap suhu lingkungan sekitar. Selain itu, bulu pada kucing juga akan mudah menempel di berbagai tempat yang di tiduri, mandi, dan sebagainya.
Kumis pada kucing sangat sedikit dan terdapat di bagian hidung bawah, kumis kucing terdapat 3-6 kumis di bagin hidung bawah. Kumis kucing ini memiliki panjang 1-1,5 cm, berbentuk bulat memanjang dan berwarna putih, dan ada jga berwarna kehitaman. Kumis ini berguna untuk menyaring kotoran yang akan masuk kehidung.
Kaki kucing memiliki 2 pasang, 1 pasang bagian depan dan 1 pasang bagian belakang. Kaki kucing ini memiliki bulu berwarna variasi tergantung jenisnya, dan juga ada terdapat kuku yang sangat tajam berwarna abu-abu atau keputihan. Kuku kucing ini untuk melindungi dirinya dari ancaman sekitar lingkungan.
Ekor kucing ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan kepanjangan 5-8 cm bahkan lebih. Ekor kucing sangat lucu dan imut, serta memiliki ciri khas yaitu bergerak kekanan dan kekiri saat tidur terlelap atau bermain. Selain itu, ekor atau buntut kucing memiliki warna beragam tergantung warna badan pada kucing.
Demikianlah informasi mengenai hewan kucing. Semoga bermanfaat!