Manfaat Tidur Cukup
Tidur merupakan salah satu kegiatan yang sudah pasti dilakukan semua orang setiap hari. Namun, tidak semua orang memahami pentingnya tidur untuk kesehatan fisik dan mental. Di artikel ini akan membahas alasan pentingnya tidur dengan waktu tidur yang cukup. Beberapa manfaat tidur cukup akan di bahas di bawah ini , simak penjelasan berikut ini.
1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut dengan sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh.
Nah, sistem kekebalan tubuh penting untuk melawan peradangan dan infeksi. Jika tidak cukup tidur, Anda mungkin tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh dari penyakit.
Sementara itu, kurangnya jam istirahat ini dapat meningkatkan jumlah senyawa peradangan dalam tubuh. Kondisi ini sama dengan saat Anda mengalami asma atau alergi.
2.Mengendalikan berat badan dan nafsu makan
Ingin memiliki berat badan ideal atau sedang menurunkan berat badan? Cobalah untuk selalu memenuhi waktu tidur yang cukup di malam hari.
Tidur malam lebih awal akan membuat Anda menghindari makan makanan tidak sehat atau camilan, seperti kue atau keripik.
Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Nutrion and Metabolic Care membuktikan bahwa orang yang tidak cukup tidur tiap malam hari lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas.
Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang dalam tubuh, yakni hormon ghrelin dan leptin.
Saat tidur, kadar leptin dalam tubuh akan menurun sehingga merangsang sinyal kenyang ke otak. Bila waktu tidur berkurang, otak akan mengurangi kadar hormon leptin dan meningkatkan ghrelin, yakni hormon yang merangsang sinyal lapar ke otak.
Perubahan hormon tersebut bisa membuat Anda ingin ngemil atau makan berlebihan di malam hari.
3.Menjaga kesehatan jantung
Manfaat istirahat cukup di malam hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena selama Anda tidur, tekanan darah akan menurun sehingga organ jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat.
Tak hanya itu, selama tidur tubuh Anda akan mengeluarkan hormon yang dapat menyehatkan organ jantung.
Apabila Anda kerap kurang tidur di malam hari, risiko penyakit kardiovaskular dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Kondisi ini dapat menjadi masalah serius bila Anda sudah memiliki riwayat penyakit jantung.
Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu tidur yang cukup setiap malam agar terhindar dari penyakit kardiovaskular.
4.Mengurangi stres
Manfaat istirahat bagi kesehatan juga mampu membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan melepas hormon stres atau kortisol.
Stres dapat menyebabkan Anda bereaksi berlebihan terhadap sesuatu dan menurunkan produktivitas saat belajar ataupun bekerja. Terkadang, Anda pun dapat membuat keputusan secara impulsif atau terburu-buru.
Jadi, manfaatkan waktu tidur yang cukup untuk bersantai agar tubuh juga dapat memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh dengan menghasilkan protein tertentu guna membangun sel tubuh yang lebih sehat.
5.Memperpanjang usia
Tahukah bila lama dan kualitas tidur yang cukup ternyata berperan penting dalam memperpanjang usia.
Semakin sedikit waktu tidur di malam hari, semakin besar pula risiko mengalami kematian dini.
Selain itu, mengurangi waktu tidur menjadi lima jam atau kurang dari itu dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Itu artinya, manfaat tidur teratur dapat memperpanjang usia seseorang.
Itulah beberapa manfaat dari tidur cukup bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Mulailah tidur dengan teratur untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan.