Alpukat
Alpukat telah menjadi salah satu buah favorit para fitness professional. Alpukat kaya akan nilai gizi dan tinggi lemak, serta rendah karbohidrat dibandingkan dengan makanan lainnya yang dikonsumsi sehari-hari.
Alpukat memang tinggi lemak, dengan 100g alpukat mengandung sekitar 15g lemak. Namun perlu diperhatikan bahwa 15g lemak ini adalah lemak alami berkualitas baik, tidak sama dengan lemak trans yang terdapat pada makanan ringan Anda seperti kue, biskuit, dan keripik. Lemak dalam alpukat adalah 71% tak jenuh tunggal, 13% tak jenuh ganda, dan 16% jenuh.
Sebagian besar asam lemak tak jenuh tunggal ini adalah asam oleat (omega-9). Makanan yang mengandung asam oleat tingkat tinggi adalah minyak zaitun, yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, lemak dalam alpukat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak.
Anda dapat menikmati alpukat dengan berbagai cara. Cara Menikmati Alpukat agar Lebih Enak , sebagai berikut:
1. Konsumsi Langsung
Cuci alpukat, buang kulit dan intinya, potong kecil-kecil dan kemudian Anda bisa langsung memakannya, dengan rasanya yang lembut. Namun untuk orang yang pertama kali makan alpukat, mungkin tidak terlalu terbiasa.
2. Buat Salad
Potong alpukat menjadi kubus berukuran 1 cm dan sajikan dengan kacang polong, jagung, dan sayuran favorit Anda (misalnya brokoli rebus, mentimun, tomat, dll.), lalu aduk dan tambahkan saus salad atau saus tomat untuk menghasilkan salad alpukat yang lezat dan sehat!
3. Oleskan pada Irisan Roti
Belah alpukat menjadi dua, selanjutnya sendokkan dan oleskan sebagai selai di atas irisan roti, lalu tambahkan madu untuk tambahan rasa. Hidangan ini tentunya sangat mudah dibuat oleh semua orang!
4. Susu Kocok
Masukkan alpukat dengan susu atau yoghurt dan madu ke dalam blender dan haluskan menjadi milkshake, minuman ini menjadi salah satu minuman favorit anak-anak dan remaja.
Buah alpukat dengan kualitas yang baik, tentunya akan memiliki rasa yang lebih enak. Saat memilih buah alpukat, Anda bisa melihat warna kulit buah alpukat tersebut, secara umum semakin gelap warnanya maka semakin baik kualitas buah alpukat tersebut.
Anda juga bisa melihat tekstur kulit buah alpukat, jika tekstur kulit buah alpukat relatif kasar, maka kualitas buah alpukat tersebut baik atau sudah matang.