Manfaat Olahraga Jet Ski
Jet ski merupakan olahraga ekstrem yang menguji adrenalin, sebab olahraga ini mengandalkan kecepatan dan keseimbangan.
Olahraga jet ski ini merupakan olahraga yang dilakukan di atas air. Umumnya untuk melakukan olahraga ini diperlukan area yang luas seperti laut.
Bagi para pemula dilarang untuk mengendarai jet ski seorang diri, karena ada masih perlu belajar banyak. Jadi jika ingin mengendarai jet ski ini diperlukan instruktus yang akan mengawasi Anda. Olahraga jet ski sangat banyak sekali yang meminatinya. Olahraga ini selain mengasyikkan juga memberikan dampak yang positif bagi kesehatan dan mental. Adapun manfaat yang didapat antara lain :
1. Meningkatkan Konsentrasi
Olahraga jet ski mengajarkan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi dalam kondisi yang bergelombang dan memfokuskan diri untuk tetap seimbang berada di atas perahu / personal watercraft. Ini bisa diseumpamakan menjadi pembelajaran untuk mengambil risiko dengan fokus pada cara menyelesaikan tugas dan tetap tenang tidak terganggu.
2. Membakar Kalori
Banyaknya gerakan yang dilakukan saat bermain jet ski membuat olahraga ini bisa menjadi cara untuk membakar kalori. Sehingga, olahraga ini bisa membantu mengendalikan berat badan, termasuk mencegah berat badan berlebih (overweight) dan obesitas.
3. Percaya diri meningkat
Tidak semua orang dapat mengendarai jet ski dengan cara yang baik dan aman. Perlu training yang lama agar benar-benar mahir, jika Anda termasuk salah satu orang yang mahir dalam mengendarai jet ski maka bisa membuat rasa percaya diri meningkat.
4. Jantung sehat
Saat melakukan olahraga jet ski ternyata juga memberikan dampak yang baik untuk jantung. Anda dapat menjadi lebih bebas bergerak dan ini mendukung kinerja jantung dalam tubuh.
5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Bermain jetski mengarungi ombak yang keras dapat menjadi pembakar kalori yang hebat. Melakukan olahraga jetski selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh si pengendara, ditambah lagi orang dengan rata-rata berat 60-70 kg dapat membakar sebanyak 238 kalori hanya dalam waktu 30 menit. Memang semua olahraga meningkatkan metabolisme, namun saat Anda bermain olahraga jetski sensasinya akan terasa berbeda bahkan tidak terasa jika sedang olahraga namun Anda sedang rekreasi.
6. Mengatasi Depresi
Depresi dapat menjadi penyakit berat yang mampu membuat seseorang cepat lelah dan hilang rasa semangat untuk hidup. Bermain jetski membuat Anda untuk bertemu dengan banyak komunitas yang beranggotaan dari berbagai kalangan. Menjalin hubungan antar komunitas dengan cara asik yang tidak seperti olahraga lainnya akan mampu membunuh rasa sepi yang dirasakan. Ditambah lagi aktivitas olahraga dilakukan di laut atau danau yang bernuansa alam sebagai obat penghilang kesedihan.
7. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular
Olahraga jet ski dipercaya bisa memperbaiki sistem kardiovaskular dengan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga nutrisi dan oksigen bisa tersalurkan ke seluruh jaringan tubuh. Dampaknya, sirkulasi darah yang lancar bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.
Itulah 7 manfaat dari olahraga jet ski. Semoga bermanfaat!