Speaker Pintar Untuk Lansia
Perawatan lansia berbasis rumah.
Telah menjadi cara utama perawatan lansia di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, dan Jepang. .
Dengan munculnya era cerdas, semakin banyak perangkat pintar yang memasuki bidang perawatan lansia. Artikel ini meneliti kebutuhan suara lansia di lingkungan perawatan lansia dan merancang perangkat suara untuk kebutuhan sehari-hari lansia.
Sebagai perangkat rumah pintar jenis baru, speaker pintar memberikan lebih banyak kemungkinan bagi para lansia dengan fitur visual dan pendengarannya yang efisien dan nyaman. Melalui teknologi pengenalan ucapan cerdas pada sistem speaker pintar, lansia dapat menggunakan fungsi layanan kehidupan dengan lebih nyaman, seperti pemutaran musik yang diaktifkan dengan suara, siaran cuaca, dan pengingat pengaturan alarm, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka.
Oleh karena itu, meneliti metode desain sistem speaker pintar untuk perawatan lansia berbasis rumah akan membantu meningkatkan kemampuan lansia dalam merawat diri mereka sendiri, dan mendorong layanan perawatan lansia yang cerdas, efisien, dan manusiawi. Penerapan speaker pintar di bidang perawatan lansia berbasis rumah tidak hanya sebatas menyediakan fungsi layanan kehidupan. Selain menyediakan fungsi layanan kehidupan, sistem ini juga dapat digabungkan dengan sistem rumah cerdas untuk mencapai fungsi yang lebih nyaman, seperti kendali jarak jauh peralatan, dan pemantauan keamanan.
Pada saat yang sama, speaker pintar juga dapat berkomunikasi dengan lansia melalui teknologi interaksi ucapan cerdas untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. Tentunya perancangan perangkat smart speaker untuk lansia perlu memperhatikan beberapa kebutuhan khusus. Misalnya, orang lanjut usia mungkin mengalami gangguan pendengaran, jadi kita perlu mempertimbangkan aspek desain seperti penyesuaian volume, kejelasan ucapan, dan kecepatan pengucapan. Selain itu, smart speaker juga perlu mempertimbangkan kebiasaan dan preferensi lansia, seperti lingkungan bahasa, jenis musik, dan nada dering alarm.
Dalam desain fungsional perangkat smart speaker, kebutuhan khusus lansia juga perlu diperhatikan. Misalnya pada fungsi pelayanan kehidupan, dapat ditambahkan pelayanan kesehatan medis, gizi dan pola makan, serta kesehatan jasmani untuk memberikan bantuan kepada lansia dalam pengelolaan kesehatan. Teknologi inti dari speaker pintar terdiri dari :
1. Teknologi chip
Chip adalah inti dari perangkat pintar. Selain chip kontrol utama, terdapat juga chip fungsi digital, chip audio ADC, chip memori, chip manajemen sistem tenaga, dll.
2. Teknologi pengenalan ucapan
Teknologi ini telah mencapai tahap yang relatif matang, dan tingkat pengenalan jarak dekat dapat mencapai lebih dari 90%, dan tingkat pengenalan beberapa teknologi dapat mencapai 97%.
3. Teknologi pengenalan semantik
Pembicara pintar tidak hanya perlu mengenali ucapan tetapi juga perlu mengenali semantik. Memahami maksud pengguna dapat memberikan pengalaman yang lebih baik. Kunci pengembangan teknologi pengenalan semantik adalah pengumpulan volume data dan konstruksi model algoritma.
Saat ini, teknologi ini secara umum memiliki kekurangan berupa fungsi dialog berkelanjutan yang tidak stabil dan kemampuan pemahaman semantik yang buruk, serta masih banyak ruang untuk perbaikan.
Singkatnya, speaker pintar merupakan bagian penting dari perangkat rumah pintar dan memiliki peran penting dalam perawatan lansia berbasis rumah. Dengan memahami secara mendalam kebutuhan lansia dan merancang perangkat speaker pintar yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, layanan perawatan lansia berbasis rumah yang lebih nyaman, cerdas, dan manusiawi dapat diberikan kepada lansia.