Kaya Akan Nutrisi
Stroberi adalah salah satu buah dengan tampilan merah cerah dan sebagian besar berbentuk kerucut atau hati.
Dengan daging buahnya yang juicy serta rasa manis dan aroma alami.
Stroberi menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang. Mari pelajari lebih lanjut tentang stroberi.
1. Nilai gizi
Stroberi merupakan salah satu buah dengan nilai gizi yang sangat tinggi. Kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, asam folat, potasium, serat, dan banyak antioksidan. Diantaranya, kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yaitu 58,8 mg vitamin C per 100 gram stroberi, dan sekitar setengah dari kebutuhan harian.
Stroberi juga kaya akan senyawa alami bernama antosianin yang memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti antioksidan, anti kanker, dan hipoglikemik.
2. Manfaat kesehatan
2.1 Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Stroberi kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah masuk angin serta penyakit lainnya.
2.2 Meningkatkan pencernaan
Serat dalam stroberi dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit serta masalah pencernaan lainnya.
2.3 Menjaga kesehatan jantung
Banyaknya antioksidan dalam stroberi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung dan stroke.
2.4 Mencegah kanker
Antosianin dalam stroberi memiliki sifat antioksidan dan antikanker yang dapat mencegah berkembangnya berbagai jenis kanker.
2.5 Meningkatkan kesehatan mata
Stroberi kaya akan vitamin A dan karotenoid yang dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah penyakit mata.
3. Metode Makan Stroberi
Stroberi bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai makanan gourmet.
Untuk dikonsumsi langsung, stroberi bisa dicuci bersih dan dimakan langsung, atau dicelupkan ke dalam gula atau coklat. Jika Anda ingin membuat makanan gourmet, Anda bisa menggunakan stroberi untuk membuat es krim, jus, selai, salad, dll. Stroberi juga bisa dicampur dengan buah-buahan lain, kacang-kacangan, yogurt, dll untuk membuat salad atau minuman buah yang lezat.
4. Tips Saat Membeli
4.1 Penampilan
Pilihlah stroberi yang warnanya merah cerah, tidak cacat, dan buahnya utuh.
4.2 Rasa
Jika permukaannya agak elastis, berarti stroberi sudah matang.
4.3 Bau
Cium aroma stroberi. Stroberi yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat.
5. Transportasi dan pelestarian
Stroberi merupakan buah yang sangat rapuh apabila tanpa perlindungan dan akan mudah rusak jika terkena benturan. Jadi, disarankan untuk menghindari benturan saat membeli stroberi. Stroberi segar cepat busuk, jadi disarankan untuk tidak membeli terlalu banyak, mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah pembelian dan saat Anda ingin menyimpan , disarankan untuk tidak terlalu lama.
Kesimpulannya, stroberi merupakan buah yang lezat dan bergizi yang dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia. Ini adalah pilihan yang sangat baik karena dapat dimakan mentah dan dapat digunakan untuk menyiapkan makanan gourmet.