Cara Menambah Tinggi Badan
Tinggi badan yang ideal sejatinya merupakan dambaan bagi hampir setiap orang. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang mencari cara meninggikan badan dengan mudah dan cepat. Namun, perlu diingat bahwa seseorang biasanya berhenti tumbuh lebih tinggi setelah melewati usia pubertas.
Artinya, setelah melewati usia tersebut, pertumbuhan tinggi tubuh sudah melambat atau tidak bertumbuh sama sekali.Di fase ini tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan secara signifikan.
Berita baiknya, jika kamu masih dalam usia pertumbuhan, ada beberapa cara menambah tinggi badan dengan efektif yang dapat kamu lakukan. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan tubuh. Beberapa cara tersebut juga masih perlu dilanjutkan saat dewasa untuk mempertahankan tinggi badan secara keseluruhan. Kira-kira apa saja cara tersebut? Yuk, simak ulasannya di sini!
1. Memperbaiki postur tubuh
Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan berdiri, duduk, hingga tidur yang kurang benar bisa menyebabkan postur tubuh menjadi terlihat lebih pendek. Misalnya saat seseorang terbiasa membungkung, tentu akan membuat postur tubuhnya menjadi kurang proposional.
2.Istirahat cukup
Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, istirahat yang cukup juga bisa membantu pertumbuhan tinggi badan. Pada anak-anak dan remaja cara ini sangat ampuh untuk Hal tersebut dikarenakan saat istirahat atau tidur energi akan terisi kembali. Energi tersebut sangat berguna selama proses pertumbuhan dan perkembangan.
Hal tersebut dikarenakan saat istirahat atau tidur energi akan terisi kembali. Energi tersebut sangat berguna selama proses pertumbuhan dan perkembangan
3.Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Makanan menjadi faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan menjadi hal penting.
4.Hindari Gula dan Lemak
Hindari asupan tinggi gula dan punya kandungan lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans. Makanan kaya gula seperti roti, biskuit, kue, cokelat, permen, serta fast food memiliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan jenis ini juga akan membuat pola makan Anda tidak sehat. Selain itu, gula dan lemak yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan di masa yang akan datang.
5.Yoga
Jika kesulitan membiasakan diri untuk memiliki postur yang baik, latihan yoga bisa membantu Anda. Yoga tidak hanya memperkuat otot, tetapi juga memperbaiki postur tubuh. Karena itu, latihan yoga bisa membantu Anda memiliki postur tubuh yang baik dan terlihat tinggi.
6.Hindari Faktor Penghambat Pertumbuhan
Cara meninggikan badan secara alami selanjutnya yaitu dengan menghindari faktor penghambat pertumbuhan. Kelebihan kafein dan merokok mengganggu tumbuh kembang. Lakukan langkah-langkah di atas sebagai cara meninggikan badan dengan sehat dan alami. Ingat, jangan mudah percaya dengan berbagai produk peninggi badan yang menawarkan hasil instan dan banyak ditemukan di pasaran, misalnya dalam bentuk susu, suplemen, atau pil. Perlu diingat, beberapa cara menambah tinggi badan di atas umumnya akan lebih efektif untuk dilakukan pada anak-anak dan remaja. Jika berbagai cara meninggikan badan di atas telah dilakukan, tetapi hasilnya tak kunjung Anda peroleh, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat dan aman guna menambah tinggi badan.
Beberapa tips di atas adalah cara agar tinggi badan kalian dapat bertumbuh dengan maksimal.Semoga bermanfaat.