Senyum Itu Sehat
"Tersenyumlah", banyak orang menyarankan demikian. Kadang memang tak salah orang-orang meminta kita untuk tersenyum. Senyuman memang memiliki efek dahsyat untuk kondisi psikologis dan kesehatan fisik.
Manfaat senyum tak cuma dirasakan oleh diri sendiri, tetapi juga bisa membuat orang lain turut bahagia setelah melihat sikap ramah tersebut.
Banyak penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi bahwa senyum yang tulus dapat meningkatkan suasana hati. Tidak hanya berpengaruh terhadap kondisi psikis, manfaat senyum rupanya juga berlaku buat kesehatan fisik kita.Agar Anda semakin yakin untuk lebih sering tersenyum, di bawah ini akan dijelaskan soal manfaat senyum bagi kesehatan.
1.Memperbaiki suasana hati
Cobalah tersenyum saat perasaan Anda tidak baik. Sebab, ada potensi suasana hati bisa diperbaiki dengan sebuah senyuman. Hal ini disebutkan ahli karena senyuman dapat memancing tubuh memperbaiki mood.
Senyuman disebutkan dapat menjelma menjadi antidepresan alami. Sebab, senyuman dapat merangsang tubuh menghaslikan neurotransmitter, seperti senyawa dopamin dan serotonin, dua senyawa kebahagiaan. Adanya dua senyawa kebahagiaan ini berpotensi untuk meningkatkan suasana hati.
2.Meredakan stres
Kita cenderung tersenyum saat bahagia dan gembira aja. Padahal, senyum dan kebahagiaan sebenarnya memiliki hubungan timbal balik. Senyum tak hanya membuat raut muka terlihat lebih ‘cerah’, namun juga diyakini membantu meredakan stres.
Percaya atau tidak, senyum membantu meredakan stres walau Anda mungkin tak tahu lagi caranya untuk tersenyum saat pikiran gundah. Tak hanya untuk diri sendiri, manfaat tersenyum juga dapat dirasakan oleh orang-orang di sekitar Anda. Biasanya akan membuat orang sekitar anda tersaenyum juga.
Kondisi ini juga dilaporkan dapat membuat otot-otot tubuh untuk menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan darah.
3.Meningkatkan daya tahan tubuh
Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif.
Saat tersenyum, fungsi kekebalan tubuh diperkirakan meningkat akibat adanya perasaan rileks berkat pelepasan neurotransmitter tertentu.
4.Menurunkan tekanan darah
Tersenyum dan tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian pada 2009 melaporkan, menurut peneliti, tersenyum apalagi tertawa memicu periode relaksasi otot dan penurunan denyut jangtung serta tekanan darah. Hal ini membuat orang terhindar dari penyakit kronis.
5.Membuat Anda Terlihat Awet Muda
Tidak hanya membuat penampilan Anda lebih manis dan menarik, senyum juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda.
Ketika Anda sering marah, keriput di kening akan muncul lebih awal. Sedangkan, bibir yang sering dimanyunkan karena kesal akan meninggalkan bekas keriput di garis bibir, pipi, dan dagu.
Sebagai info tambahan, saat Anda cemberut, ada 43 otot yang bekerja. Sementara itu tersenyum hanya membutuhkan kerja 17 otot.
Alih-alih memilih face lift, cobalah sering tersenyum. Pasti Anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.
6.Memelihara Kesehatan Mental
Orang yang mudah tersenyum cenderung dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul dalam hidupnya. Alhasil, orang tersebut lebih bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik serta terhindar dari kesepian.
Ternyata ada sangat banyak manfaat senyum bagi tubuh, baik fisik maupun mental. Mengingat hal tersebut, pasti Anda akan mikir-mikir ulang jika mau terus-menerus cemberut?
Seringlah tersenyum karena banyak sekali manfaat dari sering tersenyum.