Manfaat Membaca Buku
Buku merupakan sumber berbagai informasi yang membuka wawasan kita tentang ilmu pengetahuan maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.
Sudah menjadi rahasia umum, membaca buku merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari namun terkadang malas untuk dilakukan. Buku adalah salah satu di antara berbagai sumber pengetahuan yang bisa menambah wawasan. Dengan membaca buku, seseorang bisa mengetahui apapun yang ada di dunia. Tak salah, jika buku kerap disebut sebagai jendela dunia. Selain membuat wawasan menjadi luas, tentunya akan memiliki pemikiran yang cukup terbuka dan luas. Tak hanya menambah ilmu pengetahuan, buku juga menjadi sarana hiburan bagi seseorang, khususnya saat membaca buku yang bergenre fiksi seperti novel. Hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat membaca buku cerita.
Peran buku dalam hidup kita tidak dapat diremehkan karena ia tidak hanya membantu memperluas wawasan kita, tetapi juga bertindak sebagai pintu penghubung dengan dunia di sekitar kita. Pengantar persepsi kita. Bahkan, tak salah jika buku disebut-sebut berfungsi sebagai perlengkapan bertahan hidup karena memengaruhi dan meninggalkan dampak pada kita. Apa saja manfaat membaca buku bagi anak-anak, para pemuda, hingga orang dewasa? Yuk simak informasinya!
1. Dapat Mengurangi Stress
Setelah seharian melakukan rutinitas harian yang melelahkan, tak jarang hal tersebut dapat memicu timbulnya stress. Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%. Selain relaksasi, dengan membaca buku dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Inilah manfaat membaca buku yang banyak orang abaikan, banyak orang beanggapan bahwa membaca buku justru membuat otak terus bekerja dan menimbulkan stres, padahal manfaat membaca buku adalah mengurangi stres.
2. Dapat Menambah Kosakata
Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita. Hal ini tentu saja dapat membantu bagi kita untuk dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri pada saat berbicara dengan orang lain.
3. Memberikan Perspektif pada Dunia di Sekitar
Buku yang bagus memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita berpikir, berbicara, dan menganalisis sesuatu. Ada banyak buku yang ditulis dalam beberapa genre seperti fiksi, non-fiksi, novel, drama, thriller, suspense, fiksi ilmiah, dan lainnya. Setiap buku hadir dengan perspektif uniknya masing-masing. Jika kamu menjadi seorang pembaca yang rajin, maka akan dapat menciptakan perspektif sendiri yang akan membantu agar lebih menonjol dari orang lain. Membaca memberi kita keuntungan menganalisis lingkungan yang berbeda yang mendorong pikiran kita untuk jeli. Sebab, buku-lah membantu dalam mengembangkan pikiran dan keterampilan mengamati.
4. Manfaat Membaca Buku untuk Memperbaiki Memori
Selanjutnya, kebiasaan membaca buku juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Sebab, ketika sedang membaca, otak tidak hanya menguraikan kata-kata yang dibaca. Dengan membaca, neurobiologis seseorang akan memproses gambar maupun ucapan yang muncul terutama saat membaca. Selain itu, bagian otak akan mengatur penglihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan lebih mudah untuk diingat.
Bisa dikatakan juga dengan membaca buku tentu dapat meningkatkan kualitas otak dalam proses mengingat berbagai macam hal yang telah dibaca. Misalnya, karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun berbagai macam unsur atau plot dari setiap alur cerita. Setiap memori tentu akan membantu seseorang untuk menempa jalur otak serta memperkuatnya. Selain itu juga dengan melakukan kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang. Tak hanya itu, dengan membaca dapat menjadi suatu bentuk latihan untuk otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio.
5. Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis
Manfaat membaca adalah dapat meningkatkan writing skills seseorang. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah buku yang dibaca, karena membaca buku akan membuat seseorang memiliki wawasan. Dengan wawasan itu nantinya akan dituangkan kedalam tulisan.
Misalnya, jika kamu belum mengetahui apapun tentang asuransi kesehatan, apakah mungkin kamu bisa menceritakan tentang asuransi kesehatan lewat tulisan? Tentu saja tidak, kamu harus mempelajari terlebih dahulu tentang asuransi kesehatan dengan membaca atau melihat video.
Begitu juga pada saat kamu ingin menulis, setidaknya kamu harus menguasai apa yang akan kamu tulis itu. Salah satunya dengan membaca buku. Ditambah lagi dengan membaca buku kamu akan lebih paham tentang bagaimana memilih kata yang tepat, bagaimana membuat kalimat efektif, bagaimana alur ceritanya dan masih banyak lagi.
6. Mencerahkan Imajinasi Kita
Aspek penting lainnya untuk memahami pentingnya buku dalam kehidupan kita adalah bahwa buku adalah salah satu bentuk seni yang paling kreatif. Setiap buku yang kita baca memiliki kekuatan untuk mengubah kita ke dunia berbeda yang penuh dengan beberapa karakter luar biasa.
Buku juga dapat meningkatkan daya imajinasi kita dan dapat bertindak sebagai gerbang yang membuka pintu ke dunia mimpi, jauh dari kenyataan pahit kehidupan nyata. Imajinasi dan kreativitas kita akan disimulasikan saat membaca buku fiksi yang bagus.
7. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial
Kegiatan gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, ia telah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.
Itulah beberapa manfaat jika membaca buku. Semoga bermanfaat!