Tips Dan Trik Bermain Jetski
Jetski termasuk kategori olahraga air yang ekstrim. Risiko yang dimiliki bukan becandaan, karena nyawa adalah taruhannya. Namun walaupun berbahaya, jetski menawarkan sisi menyenangkan dan memacu adrenalin bagi pengemudinya.
Bagi kamu yang naksir berat dengan cabang olahraga air ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi sensasi keseruannya. Sebagai seorang pemula, ada beberapa trik dasar yang harus kamu ketahui dan pelajari agar kamu tetap terlihat keren saat mengendarai jetski.Berikut Ulasannya!
Circles
Sepertinya terlihat sederhana, namun trik circles bisa menjadi senjata buat kamu yang mau pamer. Jika kamu bisa mengeksekusinya dengan mulus, dijamin kamu akan terlihat keren walau kamu cuma pemula.
Circles merupakan manuver berputar, pemain jet ski dituntut untuk bisa mengontrol power mesin jetski yang sedang dikendarai. Umumnya, trik ini akan dilanjutkan dengan trik carving yang tajam dan menghasilkan gulungan ombak yang besar.
Standing
Terkesan bukan seperti kategori trik keren dalam olahraga jetski, ternyata merupakan salah satu trik dasar yang perlu diasah. Bagi pemula, trik ini wajib dipelajari berulang-ulang. Tapi untuk pemula, disarankan mahir mengendarai jetski sambil duduk terlebih dahulu.
Yang diperlukan saat melakukan trik ini adalah keseimbangan. Keseimbangan kamu dituntut sempurna agar berhasil mengantisipasi gelombang ombak air laut. Membaca situasi ombak sangat diperlukan. Kekuatan tubuh tidak kalah penting dalam menunjang kamu pada posisi berdiri.
Jumping the Wave
Dianggap sedikit ekstrim, trik jumping the wave ini masih asuk dalam kategori trik dasar olaharaga jetski. Memiliki resiko yang lumayan berbahaya, khususnya untuk para pemula. Buat kamu yang berhasil melakukannya, dijamin membuat orang terkagum-kagum.
Besarnya gelombang ombak dan besarnya tenaga jetski adalah dua hal yang perlu mejadi perhatian. Keduanya memilki hubungan yang terkait. Bagi pemula, ada baiknya memilih gelombang ombak berukuran sedang saja. Jangan lupa juga menyesuaikan putaran mesin jetski agar mendapatkan kecepatan yang sesuai.
Di atas sudah kita bahas mengenai trik dasar bermain jetski , di bawah ini akan kita bahas tips bermain jetski agar kalian dapat bermain dengan rasa aman dan menyenangkan.
1.Siapkan perlengkapan keamanan dan jet ski yang hendak digunakan
Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah melengkapi peralatan keamanan dan perlengkapan yang dibutuhkan lainnya. Gunakan pelampung, kacamata, dan bila perlu memakai helm agar kepala kalian terlindungi apabila terbentur motor jet ski.
Jangan lupa untuk mengecek kesiapan motor jet ski mulai dari bahan bakar, layar informasi dan aki apakah memadai atau tidak. Jangan sampai ketika kalian ke tengah laut motor rusak atau terhenti. Untuk pemula disarankan tidak memakai motor ber-cc besar agar lebih mudah dikendalikan.
2.Pelajari cara mengoperasikan motor jetski dan disarankan didampingi oleh professional
Setelah semua perlengkapan siap, mulailah untuk memperlajari fungsi tombol dan cara mengoperasikan motor jet ski. Bagaimana cara berbelok, kapan harus gas dan rem, serta kapan harus berhenti. Usahakan jangan terlalu ke tengah karena arus di tengah biasanya lebih deras, sehingga menyulitkan pengendalian motor jet ski, apalagi untuk pemula.
Untuk pertama kali mencoba sangat dianjurkan didampingi oleh instruktur profesional. Hal itu dilakukan agar kalian bisa diawasi dan dipandu secara langsung sekaligus meminimalisir risiko.
3.Nikmatilah waktu ketika belajar dan jangan tergesa-gesa melakukan gerakan akrobatik
Jangan terburu-buru dalam semua hal juga berlaku saat bermain jetski, apalagi kalian seorang pemula. Matangkan kemampuan kalian dalam mengemudikan motor jet ski dengan menguasai hal-hal dasarnya terlelbih dahulu.
Untuk melakukan trik-trik akrobatik akan lebih mudah dilakukan ketika trik dasar seperti belok, gas, rem dan berhenti kalian sudah kuasai betul. Dengan latihan 1-2 jam kalian pasti sudah bisa beradaptasi dengan baik dan jangan lupa untuk terus memperhatikan kecepatan arus laut, apabila dirasa sudah membesar kalian harus segera menepi.
4.Selalu utamakan keselamatan dan jangan melebihi batas
Sering terjadi ketika sudah mulai mahir mengendarai motor jetski para pemain sering melupakan aspek keamanan dan keselematan mereka. Memacu motor jetski dengan kecepatan sangat tinggi, melakukan manuver ekstrem dan bahkan sering tidak memakai pelampung dan alat keamanan lainnya.
Hal tersebut sebaiknya dihindari karena memiliki risiko keselamatan yang sangat tinggi. Perlu diingat, kalian masih pemula dan kemampuan kalian belum setara dengan para profesional. Lakukan jetski dengen batas wajar dan selalu dengarkan instruksi atau arahan instruktur kalian.
Itulah tips bermain jet ski buat pemula yang dapat kalian coba. Bagi kalian yang takut air atau tidak bisa berenang sangat tidak disarankan bermain jetski ya, selamat mencoba!