Fakta Burung Merpati
Burung merpati dikenal setia kepada pasangannya, saking melekatnya kesan itu merpati sering kali jadi salah satu bagian dari rangkaian pernikahan.
Burung ini bisa banyak ditemui di Indonesia, bahkan beberapa jenis langkanya merupakan hewan endemik asli Nusantara. 
1. Merpati bisa menemukan sarangnya dengan akurat
Merpati sejak zaman perang digunakan sebagai burung pengantar pesan dan pergi berpuluh-puluh kilometer meninggalkan sarangnya. Namun meskipun begitu mereka dapat kembali ke sarangnya tanpa menemukan masalah. Para peneliti hingga kini masih belum menemukan apa hal ajaib yang ada di balik kemampuannya tersebut, namun beberapa menyimpulkan bahwa merpati bias melakukan hal serupa sebab telah dilatih untuk balapan dan kembali ke sarangnya meski pergi sejauh apapun.
2. Burung merpati dapat menghasilkan susu palsu
Hanya mamalia yang bisa menghasilkan susu dan memberi anaknya nutrisi ini pada awal kelahiran. Namun secara tidak diduga burung merpati ternyata dapat menghasilkan susu palsu untuk anak-anaknya. Susu ini sering kali disebut sebagai susu tanaman karena memang dihasilkan dari apa yang mereka konsumsi, lalu disimpan di kantung yang berada di bawah tenggorokannya hingga keluar dari mulutnya dengan warna putih mirip cairan susu. Susu palsu milik merpati ini juga terdiri dari lemak, protein, dan nutrisi penting lainnya.
3. Merpati merupakan hewan yang kuat
Tidak heran bila merpati dijadikan hewan balap atau pengirim pesan bahkan hingga zaman sekarang, pasalnya burung berukuran sedang ini bisa terbang dengan kecepatan 110 km/jam! Kecepatan luar biasa itu didukung oleh otot dadanya yang kuat.
4. Kecerdasan burung merpati yang tidak biasa
Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk menguji kemampuan burung merpati dalam berpikir. Burung-burung ini dapat menjadi seorang 'dokter' karena kemampuannya mengurai gambar medis. Mereka seekor burung yang bisa mengklasifikasi barang dengan cermat dan juga bisa mengenal wajah manusia.