Cara Pilih Stroberi
Terlihat sepele, cermati cara memilih stroberi yang benar saat akan membeli. Ini ciri stroberi yang manis dan matang sempurna.
Bagaimana cara memilih buah stroberi yang tepat agar tak keliru yang terlalu asam atau busuk?
Begini caranya memilih buah stroberi untuk mendapatkan yang matang sempurna dan rasanya manis.
Stroberi atau dalam Bahasa Latin disebut Fragaria merupakan jenis tumbuhan berbunga dalam keluarga mawar, Rosaceae, yang buahnya bisa dikonsumsi.
Stroberi tidak hanya lezat tetapi juga memiliki banyak unsur bermanfaat seperti antioksidan, magnesium, dan kalium.
Namun saat ini masih banyak yang salah pilih stroberi di toko.
Ikuti panduan berikut ini sebelum memutuskan membeli stroberi.
1. Cium
Pertama dan terutama, kalian harus memperhatikan aroma saat memetik stroberi.
Buah beri yang baik memiliki aroma yang kuat dan penuh tanpa bahan tambahan.
Jika baunya lemah, itu mungkin tumbuh dengan bahan kimia.
2. Warna
Stroberi harus berwarna merah cerah dan sedikit mengkilap. Beri merah tua harus dicurigai, karena terkadang diberi pewarna tambahan. Stroberi pucat yang berwarna hijau berarti tidak matang dan tidak akan matang setelah dipetik, jadi jangan bawa.
3. Bentuk dan ukuran
Bentuk dan ukuran stroberi bergantung pada varietasnya, jadi tidak ada saran umum untuk itu. Hanya saja jangan tergoda oleh buah beri yang terlalu besar, karena terlalu berair. Juga  perhatikan jika stroberi rusak artinya mereka sudah mulai membusuk.
4. Daun
Daun di pangkal beri juga dapat dijadikan sebagai penanda, karena jika tidak ada buah kurang bisa bertahan lama. Kedua, jika daunnya kering atau kuning artinya buah beri sudah ada di rak selama beberapa hari. Dan saran terakhir, jika ada celah antara daun dan beri, maka mungkin buahnya manis.
5. Biji
Semakin jarang biji yang ada pada buah, semakin manis buah beri itu. Semakin bijinya terlihat semakin terbenam maka juga semakin manis.