Manfaat Pelihara Kucing
Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Mamalia karnivora ini lahir dari berbagai ras dan jenis yang populer mulai dari Persia, Anggora, Maine Coon, Scottish Fold dan lain sebagainya.
Tingkah kucing terutama anak kucing memang lucu, apalagi sejumlah kucing ras juga mempunyai bentuk yang unik. Hanya saja tidak dipungkiri kalau masih ada sejumlah orang menganggap memelihara kucing kurang bagus bagi kesehatan karena bisa membawa parasit toksoplasma. Namun kenyataan, memelihara kucing di rumah punya segudang manfaat lho!
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC, mengeluarkan pernyataan bahwa kucing mungkin tak bisa mencegah kanker, namun kucing bisa menurunkan tingkat stres manusia yang tengah mengarungi kesendirian maupun kesulitan akan beban kehidupan yang berat.
Manfaat Memelihara Kucing:
1. Meningkatkan Sistem Imun
CDC menyatakan bahwa sebuah studi menemukan fakta bahwa memelihara kucing bisa meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki mood dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi manusia. Ketika pemilik kucing lebih sering bahagia dan jarang stres berkat memelihara kucing, maka sistem imun pemilik kucing pun akan meningkat dan bisa digunakan melindungi diri dari paparan penyakit.
2. Mengatasi Rasa Kesepian
Manusia memiliki kebutuhan akan sentuhan, teman bicara, juga teman bermain. Manfaat itu akan kamu dapat ketika kamu memelihara kucing. Kucing juga mampu menghalau rasa kesepian ketika kehilangan orang yang dicintai. Bermain dengan kucing dapat membantu kamu memberi dan menerima cinta. Kucing peliharaanmu akan mendengar dalam posisi duduk atau berbaring selama kamu berbicara.
3. Menurunkan Tekanan Darah dan Level Kolesterol
Studi lain menyebutkan bahwa kucing juga bisa membantu pemiliknya memiliki tekanan darah dan level kolesterol yang rendah atau stabil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Vascular dan Interventional Neurology menyebut bahwa suara dengkuran kucing yang pelan dan teratur, ternyata bisa secara perlahan-lahan menenangkan saraf manusia dan menurunkan tekanan darah tinggi.
4. Menurunkan Stres
Penelitian yang dilakukan Harvard Medical School menemukan kesimpulan bahwa berdekatan atau berpelukan dan memiliki ikatan kasih sayang yang kuat dengan kucing bisa memicu tubuh kita mengeluarkan hormon oksitosin, hormon kasih sayang yang bisa bermanfaat mereduksi tingkat stres manusia.
Dr Greg Fricchione, psikiater, menyatakan kepada Harvard Health News bahwa ketika manusia memiliki ikatan kasih sayang dengan kucing, maka secara otomatis ada perubahan biologis di dalam otak yang bisa memicu penurunan respons stres, mengatur pernapasan dengan lebih baik, menurunkan tekanan darah serta mereduksi anxiety.
5. Menurunkan Risiko Flu
Penelitian yang dilakukan Universitas Pennsylvania menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kedekatan dengan hewan peliharaan kucing, mengaku tak mudah terkena gangguan pusing, flu, demam dan nyeri punggung. Mereka memiliki sistem imun yang lebih kuat sehingga tak mudah terpapar penyakit.
6. Mengurangi Risiko Terkena Stroke
Kehadiran kucing membuat kamu lebih sabar, nyaman, dan tenang sehingga risiko terkena stroke juga berkurang.
7. Dampak Positif untuk Kesehatan Mental
Mereka yang memelihara kucing pastinya merasakan mendapatkan manfaat memelihara kucing untuk kesehatan mental.
8. Membantu Menjaga Lingkungan
Memelihara kucing berarti kamu akan selalu berada dalam lingkungan yang bersih. Kebersihan rumahmu akan selalu terjaga karena kebiasaan kucing yang bersih dengan selalu buang air di tempat yang telah disediakan. Selain itu, kucing juga dapat membantu menjaga lingkunganmu dari tikus dan serangga yang berusaha masuk ke dalam rumah. Kucing akan waspada ketika ada hama yang sengaja masuk ke dalam rumah.
9. Mencegah Penyakit Jantung
Saat membelai kucing, kamu bisa mendapatkan efek yang menenangkan, mengurangi stres dan kecemasan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
Meski memelihara kucing bisa menyehatkan kita, namun hati-hati ketika berinteraksi dengan kucing. Menurut CDC, tetap ada bahaya penularan kuman dari tubuh kucing yang kemudian masuk ke tubuh manusia. CDC menyarankan agar semua orang yang suka memeluk kucing, harus menerapkan pula gaya hidup sehat dengan rajin mencuci tangan.