Tips Bermain Piano
Piano menjadi salah satu alat musik populer di masa sekarang, namun belajar piano bukan hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Bisa memainkan piano cenderung memberi rasa bangga tersendiri bagi seseorang.
Meski begitu, tidak semua orang bisa belajar piano karena berbagai alasan. Terkadang mereka tidak mempunyai waktu untuk mengikuti ruang belajar musik atau tidak mempunyai dana yang mencukupi supaya bisa mengikuti ruang belajar musik tersebut atau belajar piano.
Apakah mengikuti les musik satu-satunya teknik belajar agar mahir bermain piano? Tentunya tidak, belajar piano di tempat les bukan satu-satunya cara. Ada beragam cara belajar piano secara otodidak dan tidak jarang yang sukses hanya dengan belajar secara otodidak.
Di dalam tulisan ini kami bakal membahas seluruh hal yang diperlukan untuk belajar piano secara otodidak supaya Anda menguasai alat musik ini.
1.Belajar Mengasah Kemampuan Telinga
Hal yang mesti dilakukan pertama supaya bisa menguasai piano dengan baik ialah dengan menajamkan kemampuan telinga. Dimana Anda harus mengetahui dengan baik perangkat musik tersebut. Piano sendiri adalah alat musik yang mempunyai 88 buah tuts yang mempunyai jenis suara autentik yang didapatkan oleh getaran senar.
Jika Anda benar-benar pemula dan belum pernah sekalipun memainkan tuts piano, hal ini mungkin sangat membingungkan. Piano terdiri dari not-not. Not adalah simbol yang mewakili titinada suara yang keluar dari instrumen yang Anda mainkan.
Pada piano, Anda akan melihat pola dua nada hitam, diikuti oleh tiga nada hitam - berulang-ulang - dengan nada putih di antaranya. Dalam pelajaran ini, Anda hanya akan fokus pada tuts yang putih.
Anda akan melihat bahwa not-notnya disusun menurut urutan abjad dari A ke G, yang diulangi piano dalam beberapa siklus. Yang membingungkan adalah not C secara resmi merupakan awal dari siklus. Setiap siklus terdiri dari DELAPAN nada - C, D, E, F, G, A, B dan C lagi.
2.Posisi Tangan
Cara belajar piano yang ketiga dengan memposisikan tangan secara baik dan benar. Cara ini adalah bagian yang sangat penting. Tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah Anda dapat rusak parah jika Anda mengambil posisi yang salah saat memainkan piano.
3.Mengulangi Satu Lagu Sampai Mahir
Setiap orang yang jago memainkan piano, pastinya dulu adalah seorang pemula yang berlatih secara terus menerus tanpa berhenti. Mulailah dari satu lagu hingga Anda paham dan mahir, setelahnya Anda dapat mencoba lagu selanjutnya. Tips paling ampuh adalah mengulang secara terus menerus hingga Anda mahir.
4.Penomoran Jari
Untuk tahap belajar piano yang harus diperhatikan adalah mulai menomori jari-jari tangan kalian. Kalian tidak mesti menuliskan angka di tangan, tetapi menghafal letak angka di tangan kalian.
Memutuskan not mana yang akan dimainkan dengan jari mana akan menjadi sangat penting setelah kalian bisa mulai memainkan tuts-tuts piano. Jadi, kalian bisa mulai menghitung jari-jari, ambil contoh ibu jari adalah nomor 1, telunjuk 2, jari tengah 3, jari manis 4, dan kelingking 5.
Itulah beberapa tips yang akan membantu anda menguasai alat musik ini.