Jenis Burung Terkecil
Burung adalah salah satu hewan yang hidup berdampingan dengan manusia saat ini dan telah hidup selama ratusan juta tahun yang lalu.
Beragam hewan tumbuh dan bergerak di muka bumi. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil. Salah satu hewan yang memiliki beragam jenis spesies adalah burung. Terdapat beragam jenis ukuran burung yang tersebar di dunia, mulai dari Burung Unta yang memiliki ukuran lebih tinggi dari manusia, hingga burung pipit yang berukuran setara kepalan tangan anak kecil. Faktanya, ada burung yang berukuran hampir setara lebah dan dikategorikan sebagai burung terkecil di dunia.
Berikut ini burung terkecil di dunia:
1. Burung Weebill
Weebill yang termasuk ke dalam spesies burung terkecil di dunia dengan ukuran panjang hanya 8 hingga 9 cm. Burung yang hidup di seluruh hutan Australia ini biasanya membentuk kawanan kecil dan dapat tinggal selama setahun di satu area sama. Uniknya, sebelum masa kawin Weebill sudah mempersiapkan semacam kubah yang terbuat dari bulu, tanaman, dan rerumputan. Untuk fisiknya, burung Weebill memiliki paruh pucat yang pendek dan berisi. Dengan bentuk paruhnya ini, memungkinkan Weebill untuk melahap serangga yang sangat kecil.
2. Bee Hummingbird
Bee Hummingbird dinobatkan sebagai burung dengan ukuran paling kecil di dunia, yang mana hanya memiliki panjang berukuran panjang 6 cm dan berat sekitar 1-2 gram. Burung kecil ini memiliki perpaduan warna biru, hitam dan putih yang sangat cantik. Burung ini merupakan satwa endemik dari Kuba dan Pulau Pinus yang berada di Kepulauan Karibia, dan dapat ditemui di seluruh kepulauan Karibia.
3. Burung Goldcrest
Spesies burung terkecil di dunia lainnya adalah Goldcrest. Burung satu ini banyak ditemukan di lokasi yang berbeda, seperti Asia, Inggris, Eropa, Wales, Cina, Rusia, serta Pegunungan Himalaya. Termasuk ke dalam jenis Kinglet, Goldcrest hanya memiliki ukuran tubuh antara 8,5 hingga 9,5 cm saja. Bulu dada yang berwarna kuning yang membuatnya dinamakan Goldcrest dan dijuluki sebagai Raja Burung dalam cerita dongeng di Eropa. Selain warna kuning, Goldcrest juga memiliki bulu bagian atas berwarna hijau dan putih di bagian bawah serta sayapnya.
4. Pardalote
Pardalote merupakan burung asli endemik dari Australia yang termasuk dalam burung terkecil. Ukuran dari burung ini hanya sepanjang 8.5 hingga 12 cm dan memiliki berat 5 gram. Burung ini memiliki warna yang cerah dan terdapat corak bintik di beberapa bagian tubuhnya. Selain itu burung ini tergolong insektivora atau pemakan serangga, walaupun terkadang juga memakan biji-bijian.
5. Cuban Tody
Selanjutnya terdapat Cuban Tody yang merupakan burung asli dari Negara Kuba, yang memiliki ukuran panjang 11 cm dengan berat 5 hingga 6 gram. Burung yang termasuk dalam keluarga Todididae ini memiliki perpaduan warna yang sangat cantik dan perpaduan antara hijau terang, biru, merah dan putih. Makanan utama dari Cuban Tody adalah serangga, tapi ia juga dapat memakan buah-buahan, laba-laba dan kadal kecil.
6. Burung Brown Gerygone
Brown Gerygone merupakan burung passerine atau burung pengicau paling kecil di dunia. Ukuran burung satu ini adalah 8 hingga 10 cm saja. Bagian atas pada bulu burung Brown Gerygone berwarna abu-abu zaitun dan bawahnya memiliki warna creamy. Burung Brown Gerygone termasuk burung yang senang membentuk kelompok kecil, yakni sekitar 3 sampai 4 burung. Jika ingin menjumpainya, kamu bisa mampir ke kawasan hutan hujan dan pesisir Australia.
7. Burung Bananaquit
Di Brazil, Hindia Barat, dan Kepulauan Carribean, ada satu jenis burung yang memiliki ukuran sangat mungil, yakni Bananaquit. Burung satu ini memiliki ciri-ciri bulu atas yang berwarna abu-abu gelap dan bagian bawahnya berwarna kuning. Bananaquit berukuran kecil, yakni sekitar ,5 sampai 11 cm dengan berat hanya 9 gram. Burung Bananaquit termasuk burung yang sangat sosial dan sering ditemukan dekat bunga. Bentuk paruhnya yang melengkung bertujuan untuk menghisap nektar dari bunga yang dihampiri.
8. Burung Crimson Chat
Burung terkecil di dunia yang terakhir adalah Crimson Chat. Makhluk imut yang berasal dari Australia ini memiliki sentuhan merah yang khas. Bobot tubuh burung dewasa hanya berkisar 13 gram dengan panjang 10 hingga 13 saja, nih. Burung Crimson Chat memiliki ciri-ciri kaki panjang dan paruh agak bengkok ke bawah. Meski berukuran cukup kecil, namun Crimson Chat terbilang burung yang sangat berisik dan gesit. Biasanya, burung ini akan memakan serangga kecil, laba-laba, nektar, serta biji-bijian.
Nah itu dia beberapa spesies burung terkecil di dunia yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!