Tips Memilih Hadiah
emasuki akhir tahun, tentunya Anda sudah sibuk mencari hadiah bagi orang-orang terkasih.
Hadiah-hadiah ini dapat juga diberikan untuk para rekan kerja dan kolega sebagai salah satu cara mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah dilakukan sepanjang tahun.
Namun memilih hadiah bukanlah hal yang mudah. Di satu sisi harus disesuaikan dengan karakter si Penerima dan di sisi lain disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Meski sesungguhnya makna hadiah bukan hanya dilihat dari jumlah nominal, tapi perhatian yang Anda berikan kepada orang tersebut. Anda juga dapat menunjukkan seberapa jauh Anda mengenal mereka dan menunjukkan karakter Anda.
Berikut 5 tips memilih hadiah yang dapat Anda jadikan acuan.
1. Rencanakan daftar hadiah lebih cepat dari biasanya
Dengan merencanakan daftar penerima hadiah dan jenis hadiah lebih awal dari biasanya, maka Anda akan memiliki waktu lebih untuk menentukan hadiah dan anggaran yang dibutuhkan. Dan ini juga akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan anggaran lebih lama. Dengan perencanaan lebih awal Anda juga berkesempatan untuk membeli hadiah saat promo, sehingga dapat menghemat anggaran belanja.
2. Beli hadiah sesuai dengan anggaran
Pastikan Anda membeli hadiah sesuai dengan anggaran awal. Jangan tergiur dengan banyak penawaran spesial akhir tahun yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Beberapa produk menawarkan harga hemat dengan membeli dalam bentuk paket, tapi sebelum membeli paket tersebut, pastikan apakah hadiah tersebut sesuai dengan si Penerima.
3. Tambahkan satu atau dua hadiah tambahan
Pilih hadiah tambahan yang netral, sehingga dapat dijadikan cadangan jika ada nama yang terlewatkan atau ada barang yang dirasa kurang. Memilih hadiah yang netral mungkin akan sedikit membingungkan bagi Anda, untuk itu Anda dapat menyiapkan hadiah dalam bentuk voucher belanja. Saat ini hampir seluruh toko ternama menyediakan voucher dengan berbagai nominal.
4. Bungkus hadiah dengan cantik
Siapa yang tidak jatuh hati sat melihat hadiah terbungkus rapi? Ya, karena hadiah tidak harus selalu mahal. Kembangkan kreatifitas Anda untuk membungkus rapi hadiah-hadiah tersebut. Tambahkan pita atau hiasan bunga kering sebagai pemanis.