Tips Memilih Reed Diffuser
Reed diffuser adalah jenis pengharum yang biasanya terdiri dari botol kaca, stik berbahan rotan, dan fragrance oil. Jenis pengharum ini banyak disukai karena lebih praktis, yaitu tidak memerlukan air, api, listrik, atau baterai.
Cara penggunaannya adalah Anda cukup menuangkan fragrance oil atau minyak esensial dengan aroma pilihan ke dalam botol kaca. Setelah itu, masukkan beberapa batang stik diffuser agar aromanya terserap dan menguap ke udara. Anda bisa membalikkan stik saat aromanya mulai berkurang atau menggantinya secara berkala.
Pengharum ini juga banyak diminati karena bisa menjadi dekorasi cantik di ruangan. Namun, Anda harus cermat dalam menentukan jenis fragrance oil, desain botol, dan jumlah stik. Tidak jarang aromanya kurang menyebar karena lekas menguap atau jangkauan aroma reed diffuser yang kurang luas. Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih tempat peletakan agar tidak mudah tersenggol dan pecah.
Cara memilih reed diffuser
Sebelum membeli reed diffuser, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin agar tidak salah pilih. Silakan simak penjelasannya berikut ini.
Pilih jenis aroma sesuai mood yang ingin dibangun
Poin terpenting dalam pemilihan reed diffuser adalah kesesuaian aroma yang akan digunakan dengan selera Anda. Agar keharuman yang dirasakan lebih optimal, pastikan Anda menggunakan fragrance oil berkualitas dari merek yang sudah jelas untuk reed diffuser Anda.  
Aroma buah-buahan, wangi fresh yang menyegarkan
Jika Anda menyukai aroma ringan dan menyegarkan, pilihlah reed diffuser beraroma buah-buahan. Aroma buah segar seperti apel atau jeruk akan membuat suasana lebih fresh dan mendinginkan ruangan. Pikiran Anda akan terasa segar dan bersemangat saat menghirup aromanya. 
Aroma menyegarkan ini juga cocok untuk diletakkan di kamar mandi atau toilet agar menyerap bau kurang sedap. Anda pun bisa menambahkan aroma mentol bila menginginkan variasi kesejukan yang berbeda.
Aroma floral, wangi relaksasi yang menenangkan
Untuk Anda yang membutuhkan relaksasi, pilihlah wewangian bunga dan herbal. Wangi yang bisa menjadi pilihan, antara lain mawar, lavender, melati, sakura, dan peony. Aroma bunga yang lembut akan membuat suasana lebih tenang dan terasa rileks. Varian tersebut pas diletakan di ruang tamu untuk menciptakan suasana santai atau di kamar agar tidur Anda lebih pulas. 
Aroma kayu dan rempah, ideal untuk menghangatkan suasana
Bila Anda menginginkan suasana hangat di dalam rumah, cobalah reed diffuser dengan aroma rich, seperti aroma woody dan herbs. Anda bisa memilih kayu manis, cengkeh, serai, cendana, atau cemara sebagai aroma reed diffuser. 
Aroma-aroma tersebut dipercaya akan menghangatkan ruangan dan juga suasana. Jenis aroma ini cocok untuk diletakkan di tempat anggota keluarga biasa berkumpul seperti ruang tamu atau ruang makan. 
Aroma gourmand, aroma manis khas dessert yang menggoda
Gourmand adalah tipikal aroma yang manis, seperti ketika Anda sedang mencicipi dessert atau kue. Beberapa wewangian yang termasuk dalam keluarga gourmand adalah wangi vanila, cokelat, karamel, dan kopi. 
Aroma manis yang edible ini akan memberikan kesan relaxing sekaligus menggugah selera. Jika Anda bosan dengan reed diffuser yang mainstream, seperti wangi fresh atau fruity, wangi sweet gourmand bisa jadi pilihan.