Jenis Burung Kolibri
Seperti kelelawar, lebah, dan serangga lainnya, burung kolibri merupakan salah satu penyerbuk yang penting:
Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri, dan lebih dari 60 spesies hampir terancam, rentan, terancam punah, atau hampir punah. Oleh sebab itu, tak mengherankan beberapa jenis burung ini masuk dalam daftar burung yang dilindungi di Indonesia.
Memiliki warna bulu yang cantik dan beraneka rupa, burung kolibri adalah burung kecil pemakan madu atau nectar. Ia memiliki nama ilmiah Trochilidae, dan banyak dicintai hampir di seluruh belahan dunia di mana burung ini berada.
Selain itu, burung kolibri memiliki kicauan yang merdu. Semua jenis burung kolibri umumnya memiliki ciri-ciri dasar yang sama. Mereka semua bisa melayang dan terbang mundur.
Mereka membesarkan anak-anak mereka di sarang kecil yang tersamar dengan baik, biasanya dalam bentuk cangkir atau kerucut gantung. Berikut rangkuman dari berbagai sumber beberapa jenis burung kolibri yang bercorak cantik dan menarik diketahui.
Kolibri Manggar atau Kelapa
Jenis burung kolibri yang pertama adalah kolibri Manggar atau Kelapa. Kolibri jenis ini memiliki ukuran burung kolibri pada umumnya yakni 13 cm. Selain itu mereka juga memiliki suara yang juga dimiliki rata-rata kolibiri jenis lain, meski demikian ia dikenal memiliki besetan yang rapat, lantang serta melengking.
Itulah yang menjadikan burung kolibri Manggar kerap dijadikan master. Tak hanya itu jika diperhatikan, paruh burung ini sedikit lebih besar dari paruh jenis burung kolibri lainnya.
Burung kolibri Manggar atau Kelapa seperti namanya, banyak dijumpai di hutan mangrove atau tepi pantai. Untuk kolibiri betina maupun jantan memiliki warna bulu bawah sayap kuning, namun bagi jantan penutup sayapnya berwarna ungu cerah, sedangkan betina hijau zaitun.
Kolibri Ninja
Jenis burung kolibri berikutnya yakni kolibri Ninja. Kolibri Ninja adalah burung yang cukup populer dan banyak dikenal. Burung kolibri Ninja memiliki penampilan yang unik dan cukup eksotis.
Warna bulu-bulunya, yaitu perpaduan antara  hitam, warna ungu, warna kuning, ditambah sentuhan kilau di bagian lehernya. Suara burung kolibri jenis ini pun tak jarang membuat orang takjub karena sangat nyaring.
Untuk membedakan kolibri Ninja betina dan jantan cukup mudah, pada kolibri Ninja jantan warna bulu pada tubuhnya dominan hitam, sedangkan pada betina dominan warna abu-abu.
Habitat burung kolibri Ninja yakni di pinggi hutan dan terkadang di perkebunan karet. Selain itu burung kolibri Ninja dikenal dengan nama yang berbeda-beda di beberapa daerah, di Jawa Tengah lebih dikenal dengan nama Kolibri Raja, di Jawa Barat terkenal dengan Kolibri Tasik.
Kolibri Wulung
Jenis burung kolibri berikutnya yang tak kalah cantik, yaitu kolibri Wulung. Ditemukan di hutan, tepi hutan, dan kebun dari dataran rendah hingga daerah perbukitan, biasanya mencari makan secara aktif di pohon tingkat atas. 
Memiliki nama ilmiah Chalcoparia singalensis, burung kolibri jenis ini berukuran 11 cm, sedikit lebih kecil dari rata-rata burung kolibri lainnya.
Jantan memiliki warna bagian atas hijau tua berwarna-warni tetapi memiliki penutup telinga berwarna merah tembaga, tenggorokan berwarna oranye pucat dan dada bagian atas. 
Betina memiliki warna bagian atas berwarna zaitun kehijauan, tenggorokan berwarna oranye pucat dan perut bagian atas serta perut berwarna kuning.