Cara Merawat Rambut
Cara merawat rambut sehari-hari perlu diperhatikan setiap orang. Perawatan yang tepat diperlukan untuk membuat rambut senantiasa sehat dan tidak mudah rusak. Apalagi hal ini sangat memengaruhi penampilan, terutama untuk wanita.
Mengonsumsi makanan yang sehat, memilih produk perawatan rambut yang sesuai, hingga menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut perlu kamu terapkan setiap harinya. Apalagi faktor lingkungan dan penggunaan perawatan rambut juga dapat memengaruhi kesehatannya.
Cara merawat rambut tidak boleh dianggap sepele. Diperlukan perawatan rutin setiap harinya agar rambut tetap tumbuh sehat dan berkilau. Berbagai masalah seperti kerontokan, rambut kering, ketombe, hingga rambut berminyak bisa dihindari jika kamu merawatnya dengan tepat.
Yuk, coba cek deretan cara merawat rambut berikut yang bisa kamu coba satu per satu!
Pilih sampo yang tepat
Cara merawat rambut yang paling dasar adalah dengan memilih sampo yang tepat. Jika kamu memakai sanpo yang tepat, maka rambut kamu akan sehat dan kuat. Bahkan dapat bersinar.
Sama seperti kulit, rambut juga memiliki berbagai jenis. Seperti rambut yang normal, rambut berminyak, atau rambut yang kering. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan produk sampo yang tepat.
Pilihlah sampo yg sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut kamu. Itu adalah salah satu cara merawat rambut yang paling dasar. Jangan sampai hanya menggunakan produk sampo yang mahal saja atau memiliki wangi yang enak.
Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa produk sampo yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Zat atau bahan yang berbahaya tentu akan berdampak pada rambut kamu. Contohnya seperti natrium/sodium lauryl sulfat atau ammonium lauryl sulfat.
Gunakan kondisioner yang tepat.
Kamu disarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Hal ini tentunya sangat penting sebagai cara merawat rambut.
Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.
Jangan melakukan perawatan berlebihan.
Ketika rambut dalam keadaan basah, maka rambut akan cenderung mudah rapuh. Oleh karena itu, keringkanlah rambut dengan handuk secara lembut. Langkah ini adalah salah satu cara merawat rambut yang tepat.
Rambut yang sedang dalam keadaan basah juga sebaiknya tidak disisir secara berlebihan. Hal-hal yang berlebihan pada rambut tentu tidak baik. Bukannya mendapatkan rambut yang sehat, justru akan membuat rambut menjadi rusak.
Hal ini juga berlaku dalam menggunakan produk perawatan rambut. Contohnya seperti sampo atau kondisioner. Gunakanlah prinsip “less is more”, atau menggunakan secara tidak berlebihan atau secukupnya.
Keramas dengan air dingin.
Air hangat dapat meluruhkan minyak pelindung alami rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut kering jika terlalu sering keramas dengan air hangat.
Sebaiknya, gunakan air dengan suhu yang sedikit lebih rendah dari suhu tubuh sebagai salah satu cara merawat rambut bahkan memperbaiki rambut secara perlahan. Air dingin juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga akar rambut mendapatkan nutrisi yang diperlukan.
Membatasi penggunaan catokan dan pengering rambut.
Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan catokan dan alat untuk mengeringkan rambut. Bagi sebagian orang, memang akan terasa sulit jika tidak menggunakan catokan atau alat pengering rambut.
Akan tetapi, hal ini akan berdampak tidak baik untuk jangka panjang. Penggunaan alat-alat rambut seperti catokan dan pengering rambut sebenarnya akan membuat rambut kamu semakin lama semakin lemah.
Terutama untuk kamu yang memiliki rambut halus, rapuh dan kering. Jika ingin menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan supaya alat pengering tersebut berjarak kurang lebih sekitar 15 cm dari permukaan rambut.
Ketika menggunakan pengering rambut, gerakanlah selalu pengering tersebut. Buatlah gerakan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jangan sampai kamu terkonsentrasi dengan satu area saja.
Gunakan handuk microfiber.
Momen mengeringkan rambut juga bisa menjadi tantangan bagi kamu yang memiliki rambut keriting. Bukan tanpa alasan, rambut keriting punya tekstur unik yang meliuk sehingga mudah kusut. Tekstur handuk yang kasar bisa membuat gesekan rambut sulit dihindari. Apalagi saat basah, rambut menjadi sangat rapuh!
Supaya tetap sehat dan kuat, pilih handuk microfiber yang permukaannya lembut dan mudah menyerap cairan hingga 8 kali dari beratnya. Gesekan yang lebih halus tidak akan merusak kutikula pada batang rambut, sehingga rambut tidak akan mudah rontok.
Menggunakan bahan alami
Kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami sebagai cara merawat rambut. Salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya adalah minyak zaitun.
Selain minyak zaitun, kamu juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembapkan rambut sekaligus melindunginya dari kerusakan.