Motor untuk Balapan
Jika kamu suka balapan motor, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan motor-motor ber-spek dewa yang biasa dipakai untuk balapan ini.
Balapan motor memang termasuk ajang yang berbahaya, tapi masih banyak peminatnya karena pada dasarnya, balap motor cukup menantang dan memacu adrenalin. Selain itu, balap motor juga turut melatih ketangkasan kita saat berpacu menghadapi rintangan atau belokan jalanan. Beberapa orang bahkan rela merogoh koceknya cukup dalam untuk memodifikasi spek motornya agar menyamai spek motor balap lainnya dan bisa melaju lebih cepat lagi.
Berikut ini adalah beberapa motor dengan spek dewa yang sangat diminati untuk ajang balapan motor!
1. Honda CBR 1000 RR
Motor Honda yang satu ini memiliki performa yang sangat baik serta nyaman digunakan pengendara. Meskipun RR dikembangkan dengan teknologi komputer, RR tidak memiliki alat bantu elektronik yang biasa digunakan oleh motor lainnya yang serupa.
CBR 1000RR hadir dengan suspensi Ohlins di bagian depan dan belakang. Hal itu untuk mendukung sasis SP yang menampung caliper Brembo blok empat piston. Motor ini bisa mencapai 100 km/jam dalam waktu 2,6 detik saja.
2. Yamaha YZF-R1
Motor Yamaha YZF-R1 merupakan salah satu rival utama dari Honda RCV213V-S. Dengan mesin 4-stroke DOHC berkapasitas 998cc, motor ini memang menjadi saingan dari Honda meski tenaga maksimal yang dikeluarkan lebih kecil, yaitu 180 Hp.
Yamaha YZF-R1 juga merupakan turunan jadi motor milik Valentino Rossi untuk bertarung di ajang MotoGP. Tak heran jika motor ini menjadi salah satu andalan bagi para pengendara yang ingin mencoba sensasi balapan sungguhan.
3. Yamaha MX King
Sejak diluncurkan di tanah air oleh Yamaha Indonesia pada tahun 2015, MX King dengan mesin 150 CC menjadi andalan untuk dijadikan motor balap.
Tak heran banyak tim motor di tanah air yang menggunakan Yamaha MX King untuk ikut disertakan pada balap motor, baik balapan road race atau drag race.
Mesin Yamaha MX King menggunakan 4-tak berpendingin cairan, SOHC Silinder tunggal dan Tegak, diameter 57,0 x 58,7 mm, daya maksimum 11,3 kW sampai pada 8500 rpm. Torsi maksimum 13,8 Nm 7000 rp, Elektrik starter & Kick starter sistem pelumas Basah dengan kapasitas 1,15 L, sementara pada 5 kecepatan.
Dari tampilan juga Yamaha MX King juga sangat menarik, apalagi dalam suspensi sangat pas bagi pembalap yang menggunakan saat race lebih pas.
4. Suzuki Hayabusa
Jepang memang tempatnya pabrikan motor tercepat di dunia. Melebihi Yamaha dan Honda, Suzuki Hayabusa menempat peringkat keempat sebagai motor tercepat di dunia pada tahun 2017. Nama Hayabusa diambil dari jenis burung Falcon yang mampu terbang dengan kecepatan 326 km/jam.
Sementara Suzuki Hayabusa dapat berlari hingga 312 km/jam dengan mesin 1340 CC, 4 silinder 16 valve. Faktor kecepatan bukan menjadi satu-satunya hal yang membuat Hayabusa mendapat respon yang positif. Suzuki Hayabusa dapat memberikan kenyamanan, kehandalan, dan hemat bahan bakan sekaligus.
5. Kawasaki Ninja H2R
Kawasaki terkenal dengan motor Ninja yang mampu dipacu dengan kecepatan tinggi. Setelah banyak saingan Ninja bermunculan, Kawasaki kembali mengembangkan Ninja seri baru, yaitu Kawasaki Ninja H2R. Dibekali dengan mesin 998 CC supercharger DOHC dengan 4 silinder in line, motor ini dapat melaju hingga 400 km/jam. Dengan demikian, Ninja H2R adalah salah satu motor tercepat dan terkuat.