Manfaat Membereskan Rumah
Membersihkan rumah merupakan kegiatan rutin untuk menjaga rumah agar tetap bersih, rapi, dan terjaga. Rumah yang bersih dapat memberikan kenyamanan bagi dirimu dan keluargamu setelah penat seharian melakukan aktivitas.
Selain itu rumah yang bersih juga membuat kegiatan-kegiatan di rumah dapat berjalan dengan baik. Kerapian dan kebersihan rumah bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu rumah tangga saja melainkan seluruh anggota keluarga juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah.
Nah, inilah beberapa manfaat membereskan serta membersihkan rumah!
• Menciptakan Lingkungan yang Sehat
Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman, debu, tungau bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi dari kuman-kuman berbahaya.
Bakteri, debu, jamur yang tumbuh subur dalam rumah dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai reaksi alergi, gejala flu dan batuk, hingga asma. Untuk menurunkan risiko terkena penyakit, membersihkan rumah secara rutin sangat penting.
Jangan lupa, gunakan pembersih disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, serta kuman lainnya.
• Tubuh Jadi Aktif Bergerak
Membersihkan rumah dapat membuat tubuh kamu aktif bergerak. Kamu bisa mendapatkan manfaat layaknya setelah berolahraga. Buat kamu yang tidak punya waktu untuk olahraga kamu bisa juga dengan alternatif lain yaitu membersihkan rumah. Selain rumahmu menjadi bersih, tubuhmu juga akan tetap sehat dan bugar. Jadi luangkan sedikit waktu untuk bersih-bersih rumah ya!
• Mencegah Infeksi
Saat menggunakan disinfektan untuk membersihkan rumah, kamu sama saja menyingkirkan mikroba, virus, dan jamur yang dapat membuat sakit. Dengan mendisinfeksi toilet, kamar mandi, meja dapur, dan area lain di rumah, maka kamu dapat terlindungi dari patogen yang berpotensi berbahaya ini.
• Tidak Merasa Bersalah saat Menikmati Waktu Santai
Adakalanya seseorang ingin menikmati waktu bersantai, tetapi terganggu dengan kewajiban yang belum diselesaikan. Satu di antaranya adalah kegiatan bersih-bersih.
Oleh karena itu, buatlah jadwal bergiliran untuk bagian-bagian rumah yang ingin dibersihkan sehingga di akhir pekan dapat menikmati waktu santai karena semua pekerjaan rumah sudah terselesaikan.
Perlu diingat juga, jangan menunda pekerjaan membersihkan dan merapikan rumah. Hal itu agar kotoran yang ada tidak menumpuk dan jadi mudah dibersihkan.
• Membuat Mood Jadi Lebih Baik
Mungkin ada saatnya merasa terpuruk di dalam situasi yang di luar kendali. Coba perhatikan, saat kamu melihat tumpukan barang-barang, mainan berserakan, kotoran menggumpal, remah-remah di bawah meja makan.
Hal tersebut dapat meningkatkan kecemasan dan rasa frustrasi kamu. Dengan membersihkan dan merapikannya, bisa membuat mood menjadi lebih baik.
• Menurunkan Risiko Kecelakaan dalam Rumah
Menjaga kerapian rumah dapat menurunkan risiko terjadinya cedera dalam rumah. Mainan yang berserakan dapat membuatmu terpeleset dan jatuh, tumpukan kotak besar yang tinggi menjulang dapat menimpa dan melukai anak-anak, dan lain sebagainya.
Dengan menata dan membereskannya sesuai tempat, bisa membuat anggota keluarga yang ada terhindar dari risiko tersebut.
• Mengurangi Stres
Rasanya memang menyenangkan tinggal di rumah yang bersih dan tidak berantakan, tetapi proses pembersihan juga bisa membuat rileks dengan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, aktivitas bersih-bersih rumah selama dua puluh menit bisa mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20 persen.
• Meredakan marah
Membersihkan rumah adalah cara yang produktif untuk menghilangkan amarah dan frustasi. Jadi, setelah pertengkaran sengit atau hari kerja yang panjang, membersihkan rumah bisa jadi solusinya.
• Melatih untuk Selalu Menjaga Kerapian dan Kebersihan
Jika kamu setiap hari rajin menata perabotan rumah, menyapu dan mengepel lantai setiap ruangan, dan lain sebagainya kamu akan terbiasa dengan kebersihan dan kerapian di sekitarmu. Bahkan di tempat lainnya seperti di kantor perkerjaanmu atau yang lain kamu tidak ragu lagi untuk menjaga tempat tersebut tetap rapi dan bersih. Dengan begitu kamu melatih dirimu agar menjadi orang yang selalu mengindahkan kebersihan di manapun kamu berada.
Nah, kamu sudah tahukan berbagai manfaat dari bersih-bersih rumah? Jadi jangan malas lagi untuk bersih-bersih rumahmu ya!