Manfaat Melukis
Melukis sendiri merupakan kegiatan yang cukup sederhana dan bisa memberikan banyak manfaat. Selain menjadi hobi, melukis juga menjadi pekerjaan beberapa dari kita yang cukup memberikan pendapatan cukup banyak, atau bisa juga kegiatan melukis hanya untuk mengisi waktu kita yang luang.
Tapi ternyata, melukis memiliki manfaat yang bisa kita rasakan baik untuk kesehatan otak, fisik, atau mental kita. Dengan melukis kita mengeluarkan imajinasi dan kreativitas dalam bentuk gambar yang bisa membuat diri kita menjadi lebih rileks. Selain itu, ini manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melukis:
1. Mengurangi Tingkat Stress
Kamu yang sedang stress baik terkait dengan pekerjaan, keluarga, atau lainnya, tidak ada salahnya menjadikan melukis sebagai salah satu kegiatan untuk mengurangi stress. Dengan melukis kamu mencurahkan segala rasa resah dan gelisah kamu dalam paduan warna yang bisa membantu mengurangi tingkatan stress kamu. Dengan melukis, kamu juga bisa membuat dunia kamu sendiri yang bisa kamu atur dan kamu ciptakan sendiri.
2. Sarana Terapi
Melukis adalah kegiatan individu baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Melalui kegiatan ini seseorang dapat membuat dunia sesuai dengan keinginannya dimana segalanya menjadi mungkin. Stimulus dari otak kreatif akan membawa seseorang ke suatu tempat yang positif di luar dunia realitas, yang memberikan kenyaman, menumbuhkan perasaan menyenangkan, dan sebagainya. Hal ini dikhususkan bagi orang-orang yang mengalami kondisi kegelisahan dan agresi.
3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Mengetahui hasil kerja keras kita memliki hasil yang baik, dapat membuat diri kita senang dan merasa lebih baik dalam menyelesaikan lukisan kita. Sehingga, dapat menstimulasi rasa kepercayaan diri kita. Mendapatkan respon yang positif dari orang-orang yang melihat lukisan kita juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri kita.
4. Meningkatkan Konsentrasi Otak
Jika kamu butuh kegiatan sederhana untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi otak kamu, melukis menjadi salah satu jawabannya. Melukis membuat otak kita bekerja dan lebih berkonsentrasi dengan objek yang ada di depan, pilihan warna, gabungan warna, penempatan warna dalam melukis sangat penting dan membuat kinerja otak kita menjadi lebih berkonsentrasi.
5. Menjadi Tempat Mencurahkan Isi Hati
Dengan melukis kamu bisa mencurahkan segala emosi yang ada di diri kamu sebebas-bebasnya.
Kamu hanya perlu tempat yang tenang, peralatan melukis yang lengkap, dan kamu siap mencurahkan segala isi hati kamu, baik perasaan sedih, gelisah, takut, atau senang. Pilihan warna yang kamu gunakan juga menjadi gambaran dari isi hati kamu yang bisa kamu keluarkan agar lebih tenang.
6. Melatih Tingkat Imajinasi dan Kreativitas
Melukis terdiri dari berbagai jenis warna dan corak, dengan melukis kamu bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas kamu untuk menciptakan hal-hal yang baru dengan lukisan. Kamu bisa menggabungkan banyak warna, jenis corak, dan banyak lainnya dalam suatu lukisan dan menggambarkan dunia imajinasi kamu sendiri dengan kamu sebagai penciptanya.
7. Mengurangi Rasa Trauma atau Gangguan Mental
Memiliki trauma atau gangguan mental biasanya kita cenderung melakukan hal-hal yang negatif atau menutup diri dari lingkungan sekitar karena rasa takut yang ada di diri kita. Dengan melukis, kita bisa mengurangi rasa takut akan trauma atau gangguan mental dengan berkomunikasi melalui lukisan. Warna-warna yang kita curahkan dalam sebuah lukisan bisa membantu mengurangi beban rasa trauma dan gangguan mental, sehingga membuat kita menjadi lebih baik.
8. Meningkatkan Kemampuan Observasi
Melukis dapat meningkatkan kemampuan observasi seseorang dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut berhubungan dengan properti melukis seperti pewarnaan, shading, dan lainnya. Mata kita akan terlatih untuk menyesaikan sesuatu yang merumitkan dalam menyelesaikan lukisan. Sehingga, akan meningkatkan konsentrasi otak kita. Dengan demikian, kemampuan observasi juga akan meningkat seiring terbiasanya diri kita untuk melukis.
9. Melepaskan Emosi yang Tersembunyi
Cara ini sering digunakan sebagai terapi bagi seseorang yang telah mengalami kejadian tertentu yang menyakitkan atau menyedihkan. Misalnya seorang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan hingga ia mengalami sedikit gangguan mental. Biasanya sang Psikiater akan melakukan terapi dengan memberikan kertas dan pensil kepada pasien dan membiarkan ia menggambar sebebas mungkin.
10. Menjadi Sumber Penghasilan
Jangan salah, bisa menjadi salah satu sumber penghasilan, baik penghasilan sampingan atau penghasilan utama. Banyak orang yang mengerti tentang seni dan menjadikan seni sebagai karya yang patut dihargai. Makna dari lukisan yang dibuat bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu.