Manfaat Minyak Jojoba
Jojoba oil atau minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit. Minyak jojoba dipercaya memiliki sejumlah manfaat dan juga aman untuk pemilik kulit sensitif.
Sehingga, jojoba banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit, perawatan rambut, dan make up. Menurut Y. Claire Chang, MD, ahli kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology, New York yang dilansir dari laman Byrdie, jojoba oil yang diucapkan ho-ho-ba ini termasuk dalam jenis minyak alami yang dihasilkan dari biji tanaman chinensis. Tanaman chinensis dapat ditemukan di Arizona Selatan, California, dan Meksiko. Walau keunggulannya dalam produk kecantikan tergolong baru, minyak jojoba telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli Amerika sejak tahun 1400-an untuk penyembuhan luka.
Nah, kebanyakan orang menyebut jojoba sebagai minyak jojoba karena untuk membuat penyebutannya lebih mudah. Minyak jojoba dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, terasa ringan dan tidak berminyak. Terlebih lagi, minyak jojoba memiliki umur simpan lebih lama dari kebanyakan minyak alami lainnya, ungkap Marnie Nussbaum, MD, ahli kulit Kota New York. Butiran kecil jojoba yang populer dalam perawatan kulit jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan butiran kecil mikro sintetis yang ditemukan di produk exfoliator.
Inilah berbagai macam manfaat minyak jojoba.
- Memberi perlindungan antioksidan
Minyak jojoba kaya akan flavonoid dan vitamin E, serta antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang berkontribusi pada tanda-tanda penuaan, jelase Y. Claire Chang. Sehingga, minyak jojoba merupakan pilihan yang baik digunakan pada semua usia untuk membantu melindungi dan mencerahkan kulit.
- Mengatasi jerawat
Minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi kulit berjerawat. Beberapa riset menyebutkan bahwa minyak jojoba memiliki efek antiradang, antioksidan, serta antibakteri, sehingga bisa membantu membasmi bakteri di kulit penyebab jerawat.
Selain itu, minyak jojoba juga diklaim dapat mencegah dan memudarkan bekas jerawat dan mengurangi sebum di wajah. Namun, sayangnya, efektivitas manfaat minyak jojoba yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
- Menenangkan kulit yang iritasi
Selain itu, minyak jojoba memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit seperti mengatasi eczema, rosacea, atau kulit yang umumnya sensitif. Minyak jojoba bisa kamu jadikan opsi sebagai penyelamat kulit untuk mengurangi kemerahan dan iritasi. Kandungan vitamin E yang ditemukan dalam minyak jojoba dapat membantu menenangkan dan merawat kulit yang terkena sunburn. Vitamin ini, bersama dengan efek anti-inflamasi, membuat minyak jojoba bekerja baik untuk penyembuhan luka.
- Mengurangi tanda penuaan
Kaya akan flavonoid dan vitamin E yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami bagi kulit wajahmu sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang mampu menimbulkan tanda-tanda penuaan. Selain itu, amido acid juga mampu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki tekstur, warna, dan elastisitas kulit. Alih-alih manfaat anti-aging, minyak jojoba juga merupakan pilihan yang baik untuk digunakan pada usia berapa pun untuk membantu melindungi dan mencerahkan kulit.
- Merangsang sintesis kolagen
Kolagen adalah protein yang ada di bagian tubuh kita, seperti kulit atau persendian, serta bagian tubuh yang terbuat dari tulang rawan. Namun, kolagen akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Untungnya, efek antioksidan dalam minyak jojoba ini dapat meningkatkan sintesis kolagen. Dengan ini, minyak jojoba bertindak sebagai alat anti-aging dan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.
- Mencegah kekambuhan serta meringankan gejala eksim dan psoriasis
Manfaat minyak jojoba selanjutnya yang tak kalah penting adalah dapat membantu mengatasi gejala kulit kering, pecah-pecah, kemerahan, dan bentol akibat eksim dan psoriasis. Ini karena kandungan anti radang dan antioksidan pada minyak jojoba, serta efek emolien yang baik untuk menjaga kelembapan alami kulit.
- Mempercepat proses penyembuhan luka
Beberapa studi menyebutkan bawah minyak jojoba mampu mempercepat proses penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka. Hal ini dikarenakan tanaman jojoba mengandung zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan.
Tak hanya itu, karena mengandung aneka vitamin dan mineral, seperti vitamin E, minyak jojoba juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terluka atau iritasi akibat paparan sinar matahari.
- Menjaga kesehatan rambut
Tidak hanya mampu mengatasi beragam masalah kulit, minyak jojoba juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut.
Minyak sehat ini sudah digunakan sejak lama untuk membuat rambut semakin berkilau dan halus, menghilangkan ketombe, serta merangsang pertumbuhan rambut dan membantu mengatasi kebotakan.
Itulah beberapa manfaat minyak jojoba bagi kecantikan. Semoga bermanfaat!