Panduan Merawat Kelinci
Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Matanya yang bulat besar, telinga panjang dan bulu halusnya, membuat kelinci semakin terlihat lucu. Bahkan, beberapa kelinci bisa tumbuh hingga lebih dari satu meter.
Selain itu, kelinci juga dapat berumur panjang hingga 5 atau 10 tahun lebih, jika dirawat dan dipelihara dengan baik. Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang panjang, bahagia dan sehat. Merawat kelinci juga tak semudah merawat hewan lain seperti kucing atau anjing. Diperlukan persiapan dan pengetahuan yang cukup untuk merawat mereka sebelum memelihara mereka.
1.Sediakan kandang yang nyaman
Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah menyediakan kandang yang nyaman bagi mereka. Tempat tinggal yang nyaman akan menghindarkan kelinci dari stres. Berikut hal yang kamu perlu perhatikan dalam menyiapkan kandang yang nyaman:
-Kandang kelinci harus berukuran minimal lima kali ukuran kelinci. Hal ini dimaksudkan agar kelinci dapat bergerak dengan mudah, baik saat berdiri maupun berbaring.
-Tempatkan kandang di dalam ruangan. Kelinci tidak dapat mentolerir suhu ekstrem dengan baik, apalagi pada musim panas. Bahkan, hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya, dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan sehingga mereka dapat menderita stres hingga serangan jantung dan benar-benar mati ketakutan.
-Jika meletakkan mereka di kandang kawat, pastikan untuk melapisi lantai dengan kardus atau bahan lainnya. Letakkan kotak kardus atau "kondominium kelinci" di dalam kandang, sehingga kelinci memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi.
-Beri ia waktu tenang (kelinci biasanya tidur di siang dan malam hari, serta bermain main saat fajar dan senja).
-Jangan selalu biarkan mereka main di kandang. Kamu harus mengeluarkan mereka selama beberapa jam setiap hari untuk bergerak. Biarkan mereka berlari, melompat dan menjelajahi lingkungan. Maka itu, pastikan bahwa ia memiliki area yang aman dan nyaman untuk bermain dan menjelajah.
2.Pastikan Air Selalu Tersedia
Cara merawat kelinci yang tidak boleh kamu abaikan adalah ketersediaan air di kandang. Kamu harus memastikan bahwa di kandang tersebut sudah tersedia air bersih. Untuk itu, taruhlah air dalam mangkuk kecil di kandangnya dan biasakan untuk mengecek serta mengisi ulang atau menggantinya tiap hari.
3.Singkirkan Bulu Hewan Lain
Sistem pencernaan kelinci yang rumit membuatnya sulit memuntahkan suatu benda asing jika masuk ke mulutnya. Jadi, jika kamu memelihara hewan lain selain kelinci, perhatikanlah agar bulu hewan tersebut tidak ada di sekitar kelincimu. Begitu juga dengan atau gumpalan rambut yang rontok. Apabila ia tidak sengaja memakannya, pencernaan kelincimu berisiko mengalami gangguan dan bisa membuatnya cepat mati.
4.Angkat dengan Benar
Kamu tahu nggak kalau kelinci bisa cepat mati kalau kamu salah mengangkat dan menggendongnya. Oleh karena itu, sangat penting memahami bagaimana caranya mengangkat kelinci yang benar sebagai salah satu cara merawat kelinci.
Hindari mengangkat hewan ini di bagian kuping atau hanya memakai satu tangan di bagian perut bawahnya. Tulang kelinci sangat rapuh dan jika tidak dipegang hati-hati, mereka bisa memberontak dan mematahkan tulangnya. Biasakanlah mengangkat kelinci dengan kedua tangan dan mendekapnya ke tubuhmu.
5.Pelihara Lebih dari Satu
Hanya memelihara satu kelinci sangat tidak direkomendasikan. Mungkin kamu berpikir supaya lebih mudah memeliharanya, tapi justru cara merawat kelinci seperti ini akan membuat ia merasa kesepian dan semakin gampang stres. Kelinci adalah hewan yang bersosial tinggi. Jadi, ia akan lebih bahagia jika punya teman. Minimal, peliharalah 2—3 ekor kelinci sekaligus agar mereka bisa bermain bersama.
Kalau kamu sudah terbiasa melakukan cara merawat kelinci yang tepat, dijamin binatang peliharaanmu yang satu ini akan berusia lebih panjang. Kamu pun bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat kelucuan mereka yang menggemaskan.