Mengenal Kucing Savvanah
Kucing savannah merupakan salah satu kucing yang punya tampilan seperti kucing liar tapi jinak.
Savannah adalah kucing dengan badan tinggi, ramping, berkaki panjang dan ukuran keseluruhannya juga bergantung pada seberapa dekat keturunan tersebut dengan persilangan generasi pertamanya. Kucing Savannah jantan cenderung lebih besar dari betina. Karena beragam faktor dalam genetika ras kucing Savannah, hal ini menjadikan adanya variasi ukuran yang signifikan, bahkan dalam satu jenis. Tampilan keseluruhan kucing Savannah individu sangat tergantung pada generasi. Mereka biasanya memiliki totol, namun bisa juga memiliki pola klasik atau corak, warna seperti salju, biru atau warna soft lainnya. Telinganya tinggi, melengkung dalam, bulat dan tegak (bagian belakang telinga memiliki cahaya pusat yang dibatasi oleh hitam, abu-abu tua atau coklat, memberikan efek menyerupai mata), mereka memiliki hidung lebar dan mata dengan lipatan kelopak yang tenggelam. Ekor pendek mereka memiliki cincin hitam, dengan ujung hitam pekat. Mata mereka bisa berwarna hijau, coklat atau emas.
Karena kucing Savannah jarang ditemukan, sulit untuk menggeneralisasi ciri-ciri kepribadian mereka dan seberapa mudah ditebaknya mereka. Beberapa orang mengatakan mereka sangat sosial dan ramah dengan orang baru, kucing dan anjing. Namun, ada juga Savannah yang mungkin berlari, bersembunyi atau bahkan mendesis dan menggeram ketika melihat orang asing. Kucing Savannah juga bisa melompat dengan tinggi (8 kaki) dari posisi berdiri dan dapat belajar dengan cepat. Ini mungkin bukan kucing pertama, tapi kucing jenis ini cukup besar dan kuat, bahkan sering digambarkan sebagai kucing berjiwa 'tegas'. Suara mengeong kucing Savannah dikatakan mirip seperti Serval, kucing domestik atau campuran keduanya. Sebagian orang juga mengatakan bahwa desisan mereka cukup keras.
Kucing jenis ini cukup kontroversial. Mereka adalah hasil persilangan kucing domestik dan Serval — kucing Afrika liar berukuran sedang dan bertelinga besar. Persilangan pertama ini kemudian dikawinkan kembali dan kucing yang dihasilkan dari persilangan tesebut disebut domestik. Ras ini dimulai pada pertengahan 1980-an dan diakui oleh salah satu organisasi pecinta kucing. Kucing yang semula hanya bisa diperoleh dari perkawinan kucing lokal dengan liar tersebut saat ini sudah bisa berkembang bebas dari hasil perkawinan sesama jenisnya. Seiring berjalannya waktu, muncullah peraturan baru yang melarang perkawinan beda jenis untuk menemukan ras savannah yang sama. Semenjak diakui oleh TICA di tahun 2001, kucing jenis ini semakin populer hingga sekarang dan namanya malang melintang. Savannah juga sudah pernah mengikuti kompetisi khusus kucing yang mengunggulkan karakteristik dan kepribadiannya sejak tahun 2012.
Savannah adalah jenis kucing aktif dengan macam-macam permainan. Salah satu permainan yang digemari kucing ini adalah permainan saling bersembunyi dengan manusia. Savannah akan dengan senang hati menerima dan menyambut orang baru menggunakan suaranya yang lemah lembut. Kucing ini bisa juga disebut sebagai kucing yang mudah bergaul dan berinteraksi dengan suasana baru. Selain ramah, kucing tersebut juga dikenal sangat cerdas dan sangat membantu pekerjaan manusia. Berkat kecerdasannya, kucing ini bisa melarikan diri dari kandang dan membuka kran air sendiri.
Demikianlah informasi mengenai kucing savvanah. Semoga bermanfaat!