Jacobin berleher putih
Jacobin berleher putih ( Florisuga mellivora ) adalah burung kolibri berukuran sedang yang berkisar dari Meksiko selatan.
Jacobin berleher putih adalah penghuni kawasan hutan dari Meksiko hingga Brasil. Biasanya ditemukan di dataran tinggi, sering terlihat bertengger di atas kanopi. Jacobin jantan berleher putih memiliki kepala dan dada berwarna biru dengan bulan sabit putih di leher belakangnya. Bagian atas berwarna hijau cerah. Perut dan ekornya berwarna putih salju pada jantan dewasa. Betina berwarna hijau di atas dengan efek bersisik di tenggorokan dan dada bagian atas. Jacobin berleher putih mencari makan di kanopi hutan dewasa, tepi hutan, dan pertumbuhan tua kedua. Laki-laki menyerupai Peri bertelinga Hitam tetapi dibedakan dengan memiliki kepala dan dada biru, dan ekor putih bersih.
Jacobin berleher putih memiliki panjang 11 hingga 12 cm (4,3 hingga 4,7 inci). Jantan memiliki berat 7,4 hingga 9 g (0,26 hingga 0,32 oz) dan betina 6 hingga 9,2 g (0,21 hingga 0,32 oz). Laki-laki jelas dengan kepala dan dada biru tua dan perut dan ekor putih; bulu ekor memiliki ujung hitam. Pita putih di tengkuk memisahkan kepala biru dari punggung hijau cerah dan penutup ekor panjang yang panjang . Betina sangat bervariasi, dan mungkin menyerupai jantan dewasa atau belum dewasa.
Subspesies jacobin berleher putih yang dicalonkan, F. m. mellivora , ditemukan dari selatan Veracruz dan utara Oaxaca , Meksiko, melalui selatan Belize, Guatemala utara, timur Honduras dan Nikaragua, timur dan barat Kosta Rika, dan Panama ke Amerika Selatan. Di benua itu ditemukan di sebagian besar Kolombia dan Ekuador , Peru timur, Bolivia utara, sebagian besar Venezuela, Guyana, setengah barat laut Brasil, dan pulau Trinidad.F.m. flabellifera hanya ditemukan di pulau Tobago. Calon tersebut tercatat sebagai gelandangan di Argentina dan di pulau Aruba dan Curaçao. Jacobin berleher putih mendiami kanopi dan tepi hutan lembab dan juga lanskap semi terbuka seperti hutan sekunder tinggi, hutan galeri , dan perkebunan kopi dan kakao . Biasanya terlihat tinggi di pohon tetapi lebih rendah di tepi dan di tempat terbuka. Di ketinggian biasanya berkisar dari permukaan laut hingga sekitar 900 m (3.000 kaki) tetapi juga jarang terlihat setinggi 1.500 m (4.900 kaki).
Pada tahun 1743 naturalis Inggris George Edwards memasukkan gambar dan deskripsi jacobin berleher putih dalam bukunya A Natural History of Uncommon Birds. Dia menggunakan nama Inggris "white-belly'd huming bird". Edwards mendasarkan etsanya pada spesimen milik Duke of Richmond yang dikumpulkan di Suriname. Ketika pada tahun 1758 naturalis Swedia Carl Linnaeus memperbarui Systema Naturae -nya untuk edisi kesepuluh , ia menempatkan jacobin berleher putih dengan burung kolibri lainnya dalam genus Trochilus . Linnaeus menyertakan deskripsi singkat, menciptakannama binomial Trochilus mellivorus dan mengutip karya Edwards. Julukan khusus menggabungkan bahasa Latin mel yang berarti "madu" dan -vorus yang berarti "makan". Jenis lokalitas adalah Suriname. Jacobin berleher putih sekarang ditempatkan dalam genus Florisuga yang diperkenalkan pada tahun 1850 oleh Charles Bonaparte.
Demikian informasi mengenai burung jacobin berleher putih. Semoga bermanfaat!