Karakteristik Kucing Marble
Kucing Marble menjadi salah satunya sebagai hewan yang paling banyak dipelihara.
Seperti diketahui bahwa kata Marble sendiri memiliki arti marmer. Pada seekor kucing, hal itu sebenarnya merujuk ke corak atau pola strip bulu kucing yang layaknya sebuah marmer. Pola garisnya berbentuk seperti pusaran melingkar di bagian sisi tubuh kucing (meski ada pola marble lain yang tak memiliki pola berbentuk pusaran). Marble sebenarnya bukanlah nama yang diberikan guna merujuk pada jenis ras kucing, melainkan lebih pada pola bulunya yang menyerupai sebuah marmer.
Perlu diketahui bahwa pola marble sebenarnya dapat ditemukan di berbagai jenis kucing. Bahkan kucing kampung atau bisa disebut dengan kucing domestik yang ada di Indonesia juga banyak yang tengah memiliki pola marble pada bulunya. Akan tetapi, pada beberapa jenis kucing secara khusus memiliki pola marble sebagai ciri khas utamanya. Pola marble itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, salah satunya adalah marble tabby klasik ini. Seperti dilansir dari kucingmania, bahwa marble tabby klasik ini merujuk pada pola garis yan berbentuk pusaran melingkar dan sering kali disebut dengan marble banteng atau bulls eye. Selain itu ada pula kucing dengan bentuk marble saja, yang merujuk pada pola garis berbentuk pusaran horizontal. Jadi tidak ada pola garis pada bulunya yang berbentuk melingkar.
Berikut karakteristik kucing marble:
1. Lincah
Lincah adalah salah satu dari sifat Kucing Marble. Kucing ini selalu sangat senang berlari kesana kemari dengan cepat. Bahkan kucing ini dapat memanjat jika objek-objek tersebut dapat dipanjat oleh mereka. Kelincahan dari kucing ini adalah dapat melompat dari ketinggian 3 kali dari panjang tubuh si kucing. Kucing Marble ini selalu mencari kegiatan yang mampu menarik perhatiannya. Kucing ini sangat energik selalu berlari-lari dengan lincahnya. Kucing ini tidak mau diam dan selalu mencari sesuatu yang baru.
2. Postur dan Berat Badan
Kucing ini memiliki bobot tubuh yang berbeda antara jantan dan betinanya. Berat badan dari kucing jantan bisa sampai 10 kg sedangkan untuk kucing betina hanya 4-5 kg saja. Postur tubuh si kucing ini besar, panjang dan juga sangat gagah. Badannya yang gagah dan besar ini merupakan gen keturunan dari induknya.
3. Tidak Kenal Takut
Tak hanya lucu, kucing ini juga sangat pemberani. Kucing ini selalu mengejar sesuatu yang menarik perhatiannya, mau itu hewan lain, ataupun benda lainnya. Selama hal itu menarik perhatiannya, kucing ini akan selalu mengejarnya tanpa kenal takut. Kucing ini juga terkenal dengan tidak ada rasa takut dengan air.
4. Liar dan Cerdas
Kucing Marble adalah salah satu kucing yang masuk dalam kategori kucing yang cerdas. Kucing ini selalu penasaran akan hal baru dilihatnya. Jika ada hal yang menarik, kucing ini akan mengikutinya. Kecerdasan dari kucing ini membuat kucing ini dapat dengan mudah dilatih. Kucing Marble ini dapat dilatih menggunakan toilet dan juga dapat dilatih di ajak jalan-jalan dengan menggunakan tali yang diikatkan di tubuhnya. Walau kucing ini terdengar cukup liar, tetapi kucing ini sangat jinak dan tidak pernah takut dengan sesuatu yang baru.
Nah itulah informasi mengenai kucing marble. Semoga bermanfaat!