Fakta Tentang Panda Merah
Panda merah (Ailurus fulgens) adalah mamalia asli Himalaya timur dan barat daya Cina.
Ini terdaftar sebagai Terancam Punah dalam Daftar Merah IUCN karena populasi liar diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa dan terus menurun karena hilangnya habitat dan fragmentasi, perburuan, dan depresi perkawinan sedarah.
Panda merah adalah satu-satunya spesies yang hidup dari genus Ailurus dan keluarga Ailuridae. Sebelumnya telah ditempatkan di keluarga rakun dan beruang, tetapi hasil analisis filogenetik memberikan dukungan kuat untuk klasifikasi taksonomi dalam keluarga sendiri, Ailuridae, yang merupakan bagian dari keluarga super Musteloidea, bersama dengan musang, rakun, dan keluarga sigung. Dua subspesies dikenali. Ini tidak terkait erat dengan panda raksasa, yang merupakan ursid basal.
Karakteristik Panda Merah
Panda merah memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dari kucing domestik. Namun, perawakannya mirip seperti beruang dengan bulu cokelat kemerahan yang tebal. Perut dan anggota badannya berwarna hitam. Ada tanda putih di sisi kepala dan di atas matanya yang kecil.
Panda merah juga memiliki ekor lebat tebal dengan enam cincin merah kekuningan yang sangat panjang. Ekornya berukuran panjang dari sekitar 28 hingga 49 cm dan digunakan oleh panda merah untuk membantunya menyeimbangkan diri di pepohonan. Panjang tubuhnya berkisar antara 50-64 cm, sementara ekornya memiliki panjang 28-59 cm. Berat panda merah jantan adalah 3,7-6,2 kg dan panda merah betina memiliki berat 3-6 kg. Mereka juga menggunakannya untuk menutupi diri mereka dari cuaca dingin. Kaki mereka pendek dan hitam.
Nama-nama lain untuk panda merah termasuk panda yang lebih rendah, beruang-kucing, beruang-kucing, rakun Himalaya, beruang rubah dan firefox, menurut Kebun Binatang San Diego. Maskot browser Web Firefox adalah panda merah, menurut Mozilla.
Distribusi dan Habitat
Panda merah adalah endemik hutan Himalaya yang beriklim sedang, dan berkisar dari kaki bukit Nepal barat hingga Cina di timur. [12] Batas paling timurnya adalah Pegunungan Qinling di Provinsi Shaanxi di Cina. Jangkauannya meliputi Tibet selatan, Sikkim dan Assam di India, Bhutan, pegunungan utara Burma, dan di barat daya Cina, di Pegunungan Hengduan di Sichuan dan Pegunungan Gongshan di Yunnan. Mungkin juga hidup di barat daya Tibet dan utara Arunachal Pradesh, tetapi ini belum didokumentasikan. Lokasi dengan kepadatan tertinggi panda merah termasuk daerah di Himalaya yang telah diusulkan sebagai tempat perlindungan bagi berbagai spesies endemik di Pleistocene. Kisaran distribusi panda merah harus dianggap terpisah, bukan kontinu. Populasi terpisah menghuni Dataran Tinggi Meghalaya di India timur laut.
Panda merah hidup antara 2.200 dan 4.800 m (7.200 dan 15.700 kaki) ketinggian, menghuni daerah dengan suhu sedang antara 10 dan 25 ° C (50 dan 77 ° F) dengan sedikit perubahan tahunan. Ini lebih suka hutan gugur dan konifer hutan campuran pegunungan, terutama dengan pohon-pohon tua dan bambu padat.
Sumber Makanan
Sebagian besar makanan panda merah adalah daun bambu dan mereka memakan batangnya di musim semi. Mereka juga makan buah di musim panas, serta bunga dan biji ek. Namun, dari waktu ke waktu mereka juga memakan burung kecil, tikus kecil dan telur.
Panda merah tidak dapat mengolah bambu dengan baik terutama selulosa. Hal ini membuat mereka harus memakan banyak daun dan pucuk berkualitas tinggi, sekitar 1,5 kg daun dan 4 kg pucuk setiap hari. Mereka memiliki perpanjangan tulang dari tulang pergelangan tangan yang bertindak, seperti "ibu jari palsu" yang membantu mencengkeram bambu. Makanan mereka sangat rendah kalori sehingga sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk tidur atau makan.
Mereka dapat menghabiskan hingga 13 jam sehari untuk mencari bambu. Ketika ingin minum, mereka akan mencelupkan kaki mereka ke dalam air untuk minum.
Reproduksi Panda Merah
Musim kawin panda merah adalah dari Januari hingga April. Seperti panda raksasa, panda merah betina hanya subur selama satu atau dua hari dalam setahun. Setelah kawin, betina akan membangun sarang atau menemukan batang pohon berlubang atau gua kecil untuk melahirkan bayinya.
Masa kehamilan panda merah hanya sekitar 100 sampai 145 hari dan setelah itu mereka akan melahirkan anak sebanyak 1 hingga 4 ekor. Saat lahir, anak-anaknya ini akan memiliki berat rata-rata 110 hingga 130 gram saja dan memiliki bulu yang tebal dan berwarna abu-abu. Telinga dan mata mereka tertutup saat lahir dan akan mulai terbuka sekitar 2 -3 minggu. Mereka akan tinggal di sarang menyusui dari ibu mereka selama sekitar 90 hari. Kemudian, mereka akan mulai menjelajah dan mulai makan makanan padat.
Penyapihan terjadi pada usia 6-8 bulan dan pada saat ini mereka akan berukuran hampir sama dengan induknya. Pada usia antara 18-20 bulan, mereka akan meninggalkan induknya. Pada tahap ini, anak mereka yang betina dapat memiliki anak sendiri dan ibu mereka juga bisa memiliki anak lagi sendiri. Panda merah jantan jarang membantu apa pun yang berkaitan dengan anaknya.
Perilaku Panda Merah
Panda merah menjalani sebagian besar kehidupan menyendiri. Mereka hanya akan bersama untuk kawin atau ketika ibu dan anaknya bersama untuk tahun pertama setelah lahir. Sebagian besar hidup mereka dihabiskan di atas pepohonan dan paling aktif saat senja dan fajar.
Mereka umumnya pendiam, tetapi berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan suara siulan dan kicauan. Panda merah merawat diri mereka seperti kucing rumahan biasa dengan menjilati kaki depan mereka. Kemudian, menggosok punggung dan perut mereka.