Pulau Pasir Terbesar
Pulau Fraser, di Queensland, Australia, adalah pulau pasir terbesar di dunia, mencapai 1.840 km persegi, hampir tiga kali ukuran Singapura.
Pulau ini ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992, bersama dengan Great Barrier Reef dan Ayers Rock. Mengunjungi Pulau Fraser akan membuka mata Anda akan kekuatan dan keindahan alam.
Tanah pasir sering dianggap sebagai tanah yang sangat miskin karena minimnya unsur hara dan air, dan gurun adalah contoh utama dari jenis tanah ini. Namun, ketika Anda mengunjungi Pulau Fraser, Anda akan menemukan hal-hal yang tidak pernah Anda pelajari di dalam kelas. Di sana terdapat danau besar, hutan hujan tropis, dan sumber daya air yang melimpah, yang menjadi rumah bagi berbagai tumbuhan dan hewan. Lingkungan yang bebas polusi telah menciptakan empat keajaiban di Pulau Fraser.
1. Pertarungan antara Hutan Hujan Tropis dan Gurun Pasir yang Luas
Setelah 700.000 tahun, pasir dari benua Antartika dan bagian selatan Australia akhirnya menumpuk di Pulau Fraser. Hutan hujan dan pasir terus-menerus bersaing di pulau ini. Ketika beberapa area hutan hujan di pulau tersebut menjadi gundul setelah mengalami kebakaran atau angin badai, angin terus membawa pasir untuk mengisi area tersebut, mengubahnya menjadi gurun kecil yang dikelilingi oleh hutan hujan, juga dikenal sebagai gundukan pasir.
Saat ini, terdapat 36 gundukan pasir di Pulau Fraser, tersebar di berbagai bagian pulau, baik yang besar maupun kecil. Salah satu area di pulau ini disebut sebagai Negara Bagian Pasir Kululu, yang terus menelan tanaman tepi karena terus-menerus terkena pasir, dengan kecepatan perambahan mencapai satu meter per tahun. Namun, tanaman di sekitar gundukan pasir juga berjuang untuk bertahan hidup. Ketika gundukan pasir bergeser perlahan, tanaman tersebut akan terus tumbuh.
2. Dingo, Jenis Anjing yang Unik di Dunia
Pulau Fraser memiliki populasi dingo yang merupakan jenis anjing unik di dunia. Dingo diperkenalkan ke Pulau Fraser dari daratan Australia oleh penduduk asli pada masa lalu untuk melindungi diri mereka. Saat ini, dingo masih ada di daratan Australia, tetapi telah bercampur dengan jenis lain. Hanya di Pulau Fraser, dingo masih mempertahankan ras murninya, sehingga dilarang keras membawa anjing asing ke pulau ini. Saat ini, terdapat sekitar 30 paket dingo di Pulau Fraser, dengan jumlah dingo mencapai sekitar 200. Jumlah dingo dalam satu paket bervariasi dari 3 hingga 12. Jika Anda bertemu dingo di pulau ini, ingatlah untuk tidak berlari, melambai, atau bertepuk tangan. Cobalah untuk menjauhkan diri dari dingo dengan lembut. Jika dingo menyerang, gunakan benda apa pun yang ada di sekitar Anda untuk membela diri, seperti tongkat, ransel, atau jaket.
3. Jumlah Danau Gantung Terbanyak
Pulau Fraser memiliki 42 danau gantung, yang merupakan setengah dari total jumlah danau gantung di dunia. Salah satu yang paling indah dan terkenal di pulau ini adalah Danau Pasir Putih Mackenzie, yang terletak di ketinggian 100 meter. Danau ini dinamai "Pasir Putih" karena silika gel di dalam pasirnya yang perlahan-lahan terlepas setelah hujan yang lama, membuatnya memiliki warna putih yang menakjubkan. Selain danau gantung, terdapat lebih dari 100 danau air tawar di pulau ini, menjadikannya sumber air yang melimpah.
4. Bandara Jalan Pantai Alami
Pulau ini memiliki pantai selama 95 kilometer yang membentang dari selatan ke utara, yang dikenal sebagai Pantai 75 Mile. Ini adalah satu-satunya jalur di Pulau Fraser dan merupakan landasan pendaratan pesawat kecil. Di sini juga terdapat situs bersejarah seperti reruntuhan kapal pesiar mewah Maheno. Karena Pulau Fraser terdaftar sebagai Situs Warisan Alam Dunia, semua penghuni dan resor di pulau ini wajib mematuhi peraturan lingkungan yang ketat. Misalnya, Kingfisher Bay Resort, resor terbesar di pulau ini, memiliki sistem pengumpulan air hujan dan pengelolaan sampah berbasis daur ulang.
Karena tidak ada industri dan sedikit kendaraan bermotor di pulau ini, udaranya sangat bersih dan jarak pandangnya sangat baik, memungkinkan Anda menikmati matahari terbenam yang indah dan langit malam yang bersih dengan jelas.