Kelinci Peliharaan
Memelihara hewan peliharaan menjadi kesukaan bagi beberapa orang karena hewan peliharaan dapat membawa kebahagiaan dan kehangatan, namun dapat memerlukan biaya yang tinggi.
Saat ini, banyak orang yang memiliki kelinci kecil yang lucu sebagai hewan peliharaan di rumah mereka.
Namun, merawat kelinci yang sehat dan menawan membutuhkan keterampilan tertentu.
1. Pertimbangan pola makan
Banyak orang salah kaprah bahwa kelinci boleh memakan wortel, padahal itu tidak benar. Kelinci sebaiknya tidak diberi wortel terlalu banyak karena dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Makanan terbaik untuk kelinci sebenarnya adalah jerami atau makanan khusus untuk kelinci, yang merupakan makanan paling sederhana dan bergizi bagi mereka. Makanan ini bukan hanya campuran biji-bijian, vitamin, dan mineral, tetapi juga memiliki sedikit tambahan coccidiostat untuk mencegah koksidiosis, penyakit umum pada kelinci.
Oleh karena itu, makanan khusus untuk kelinci merupakan pilihan terbaik bagi mereka, walaupun sayuran dan buah boleh diberikan dengan kadar yang sesuai. Mengonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi dapat menyebabkan diare pada kelinci, terutama pada kelinci muda yang harus makan secara ketat. Kelinci biasanya hidup selama 5 hingga 12 tahun jika dirawat dengan baik.
2. Pilihan lingkungan
Kelinci sebaiknya dipelihara di kandang berlantai beton, ditutup dengan lapisan tanah dan jerami. Kandang kelinci harus tetap kering, berventilasi baik, dan terang, serta pastikan untuk menghindari kelembapan. Kelinci sangat rentan terhadap penyakit di lingkungan yang lembap. Pastikan kandang kelinci tidak basah. Meskipun kelinci tidak takut air, mereka rentan sakit di lingkungan lembap.
3. Perawatan sehari-hari
Kelinci boleh dimandikan, namun tidak terlalu sering, dan sebaiknya jangan mandikan dalam kurun waktu 3 bulan. Terutama, jangan mandikan kelinci di musim dingin; jika tidak, mereka dapat kehilangan suhu tubuh dan meninggal. Untuk mandikan kelinci, gunakan gel mandi khusus untuk kelinci atau bilas dengan air hangat, hindari menggunakan perlengkapan mandi manusia atau hewan lainnya. Pastikan suhu air mandi tidak terlalu tinggi atau rendah. Setelah dimandikan, keringkan bulu mereka dengan pengering rambut secara langsung. Jumlah mandi tidak boleh terlalu sering.
4. Cara memegang kelinci yang benar
Banyak orang kurang memperhatikan dan suka menggaruk telinga kelinci, padahal telinga kelinci tidak boleh digaruk terlalu keras. Telinga kelinci kaya akan pembuluh darah dan saraf, merupakan organ penting bagi kelinci, bukan hanya untuk mendengar suara tetapi juga untuk regulasi suhu tubuh.
Oleh karena itu, telinga kelinci harus dijaga agar tidak tergores. Cedera pada telinga kelinci dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi telinga mereka. Cara menggendong kelinci dengan benar adalah memegang bagian belakang leher kelinci dengan satu tangan dan pantatnya dengan tangan lainnya, lalu dukung dengan lembut. Yang terakhir, perlakukan kelinci dengan sabar dan kasih sayang untuk merawatnya dengan baik.