Manfaat Buah Plum
1. Membantu menurunkan berat badan
Anda semua tentu sudah tahu dan pernah mendengar bahwa buah plum ini bisa menurunkan berat badan lebih tepatnya cocok untuk diet.
Ini karena buah plum termasuk buah yang memiliki banyak serat dan rendah kalori. Apalagi ditambah dengan sifat plum yang bisa memperlancar pengosongan usus, tentu hal ini bisa sangat membantu dalam proses penurunan berat badan Anda.
2. Mengatasi sembelit
Sembelit adalah salah satu kondisi dimana sistem pencernaan susah untuk mengeluarkan pembuanga atau BAB. Sembelit ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan serat dan juga air pada tubuh.
Nah, buah plum sendiri kaya akan serat alami yang bisa membantu memadatkan feses dan juga melancarkan proses pembuangannya.
Oleh karena itu dengan Anda mengkonsumsi buah plum secara teratur, sistem pencernaan Anda akan menjadi sehat.
3. Menjaga kadar gula darah
Dilansir dari Healthline, buah plum merupakan buah yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah. Itu artinya buah plum ini bisa membantu Anda dalam mengendalikan kadar gula sekaligus menurunkan risiko meningkatnya diabetes tipe 2.
Tidak cukup sampai disitu, buah plum ini juga bisa meningkatkan adinopektin, yakni hormon yang berperan khusus dalam mengatuk kadar gula.
4. Menjaga kesehatan jantung
Buah plum memiliki sumber mineral kalium yang terbilang cukup banyak. Kalium ini dipercaya dapat membantu mengontrol irama jantung, kontraksi otot jantung, impuls saraf, dan menjaga tekanan darah yang bisa menyebabkan stroke.
Salain kalium buah plum ini juga memiliki antioksidan sekaligus pewarna alami yakni zat antosianin. Zat ini dipercaya bisa tubuh dari radikal bebas yang berbahaya seperti sel kanker.
5. Menurunkan kadar kolesterol
Dilansir dari National Institute sof Health, buah plum memiliki jenis serat tidak larut yang bernama asam propionat. Dalam ilmu medis serat ini pernah dibuktikan mempunyai sifat yang bisa menurunkan kolesterol.
Salah satunya dari penelitian hewan yang membuktikan bahwa asam propionat terbukti dapat menghambat HMG-CoA reduktase (enzim yang membantu dalam produksi kolesterol yang berasal dari hati).