Bulu Tangkis
Tahukah kamu, Mengapa bulu tangkis sangat digemari masyarakat dari usia muda, remaja sampai orang tua?
Alasannya, karena dengan bulu tangkis seseorang bisa menjaga dan mempertahankan kebugaran jasmani mereka.
Yuk, intip keunggulannya, hingga tujuh cabang olahraga yang terkandung dalam bulutangkis!
1. Daya ledak dan kecepatan para sprinter
Pemain bulu tangkis hampir tidak punya kesempatan untuk mengatur napas menunggu pukulan balik lawan, seluruh permainan dimainkan dengan berlari cepat. Sehingga hal ini membutuhkan permulaan yang cepat dan pengembalian yang cepat, yang menuntut kontraksi otot yang cepat dan daya ledak.
2. Daya tahan pelari jarak jauh
Daya tahan kecepatan sangat penting dalam bulutangkis, dengan karakteristik intermiten intensitas tinggi.
3. Fleksibilitas pesenam
Bulu tangkis menuntut pemainnya mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Kita sering melihat pemain di TV melakukan split untuk menyelamatkan pukulan, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar atlet.
Selain itu, tindakan seperti berpindah tangan, memukul dari belakang atau di antara kedua kaki, dan pukulan dari atas dari lapangan belakang memerlukan peregangan ligamen yang menyeluruh.
4. Koordinasi pelempar lembing
Pukulan bulutangkis ibarat pegas, dimulai dari kaki, melewati tungkai, pinggul, pinggang, punggung, dada, bahu, lengan, dan tangan. Meskipun faktor bawaan sangat menentukan koordinasi seseorang, pelatihan bulu tangkis dapat membawa perbaikan dan peningkatan.
5. Refleks cepat pemain tenis meja
Bulu tangkis, yang dikenal sebagai “raja kecepatan”, mengharuskan pemainnya memiliki waktu reaksi yang cepat serta kesadaran dan koordinasi spasial yang baik.
Pemain harus menilai arah shuttlecock dan memutuskan pukulannya dalam waktu yang sangat singkat, memerlukan pelatihan komprehensif dalam bidang psikologi, teknik, kebugaran fisik, taktik, dan kecerdasan untuk mengembangkan refleks yang terkondisi.
6. Wawasan strategis para pemain Go
Sama seperti di Go, di mana seseorang harus “mengantisipasi niat lawan dan memanfaatkan kelemahannya,” dalam bulutangkis, karena kecepatan shuttlecock yang tinggi dan ukuran lapangan yang kecil, hampir tidak mungkin untuk melacak shuttlecock secara visual. Oleh karena itu, hampir semua tembakan harus diantisipasi. Memahami kelemahan lawan dan mengidentifikasi kesalahan mereka tepat waktu memberi Anda keuntungan besar dalam mengalahkan mereka.
7. Kekuatan kebugaran atlet
Jumping smash yang biasa dilakukan dalam olahraga bulu tangkis memerlukan penggunaan kekuatan tubuh yang terbatas pada saat melakukan smash untuk mencapai kecepatan maksimal. Otot dada memainkan peran penting sebagai stasiun transfer. Oleh karena itu, bagi pemain pria, mengembangkan otot dada yang kuat adalah hal yang terpenting.
Saat ini, Fu Haifeng memegang rekor kecepatan smash bulu tangkis tertinggi dengan kecepatan 343 kilometer per jam.
Pada pertandingan ganda, pemain perlu memukul shuttlecock sebanyak 15 kali dalam waktu 20 detik, dan pada pertandingan berdurasi 45 menit, jumlah tembakan kedua pemain adalah sekitar 2025.
Dengan detak jantung yang mencapai 160-180 detak per menit untuk pemain bulu tangkis intensitas tinggi, dan
100-130 detak per menit untuk permainan intensitas rendah, pemain perlu melakukan lebih dari 300 penyesuaian yang melibatkan perubahan arah melebihi 90 derajat dalam pertandingan berdurasi 45 menit.
Kontraksi atau relaksasi otot yang cepat diperlukan untuk memulai dan kembali dengan cepat. Fleksibilitas yang tinggi diperlukan, dan bermain secara teratur bermanfaat bagi fleksibilitas bahu dan pinggul. Dalam pertandingan tunggal, pemain harus melakukan lebih dari 100 ayunan lengan besar untuk memukul shuttlecock.
Bulu tangkis sebagai “Raja Olahraga” benar-benar layak mendapatkan gelar ini!
Bergabunglah dengan olahraga nasional yang menyenangkan ini sekarang! Anda juga bisa menjadi pejuang serba bisa!.