Cukupi Asupan Air
Minum air yang cukup sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal saat berolahraga.
Air sangat penting untuk mengatur suhu tubuh, mengantarkan nutrisi dan oksigen ke otot, dan membuang produk limbah.
Selain itu, minum cukup air dapat meningkatkan kinerja Anda, membantu Anda menghindari dehidrasi, dan membantu Anda pulih setelah berolahraga.
1. Hidrasi sebelum berolahraga
- Minum air terlebih dahulu:
1-2 jam sebelum berolahraga, minumlah air secukupnya terlebih dahulu untuk mengisi kembali air dan elektrolit tubuh sepenuhnya, yang membantu meningkatkan performa olahraga dan mengurangi rasa lelah setelah berolahraga.
- Hindari minum berlebihan :
Jangan minum banyak air dalam waktu singkat. Minum berlebihan akan menambah beban ginjal dan menyebabkan air tubuh gagal melakukan metabolisme secara normal.
- Minumlah air yang mengandung elektrolit :
Minum air yang mengandung elektrolit dapat lebih memenuhi kebutuhan tubuh sebelum berolahraga dan membuat Anda tetap terhidrasi.
2. Hidrasi setelah berolahraga
- Minum air tepat waktu:
Setelah berolahraga, minumlah air putih yang cukup pada waktunya untuk mengisi kembali air dan elektrolit yang hilang tubuh akibat olahraga, serta membantu memulihkan fungsi tubuh.
- Mengisi kembali elektrolit :
Hidrasi setelah berolahraga harus memperhatikan pengisian elektrolit, karena tubuh manusia akan kehilangan sejumlah besar elektrolit selama berolahraga, seperti natrium, kalium, magnesium, dan lain-lainnya. Zat-zat tersebut sangat penting dalam memulihkan fungsi tubuh.
- Perhatikan suhu minum :
Air minum setelah olahraga sebaiknya air hangat, air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi penyerapan dan metabolisme tubuh. Air dengan suhu sedang dapat diserap tubuh lebih cepat dan mengembalikan fungsi tubuh.
Secara umum cara mengisi kembali air yang benar sebelum dan sesudah olah raga adalah dengan banyak minum air putih dan memperhatikan penambahan elektrolit, serta sebaiknya minum secara bertahap dan tidak minum secara berlebihan, agar tidak membebani tubuh. Jumlah air yang diisi ulang oleh setiap orang setelah berolahraga akan bervariasi karena faktor-faktor seperti: kondisi fisik, intensitas olahraga, dan suhu lingkungan.
Berikut adalah beberapa jumlah pedomannya:
- Kondisi fisik:
Jika Anda orang dewasa sehat tanpa penyakit ginjal atau jantung, biasanya Anda perlu minum 1,5 hingga 2 liter air
per hari. Jika Anda lebih banyak berkeringat setelah berolahraga, sebaiknya perbanyak asupan air putih dengan tepat.
- Intensitas olahraga:
Semakin besar intensitas olahraga, semakin banyak pula air yang dikonsumsi tubuh. Jadi jika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi, Anda harus terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Secara umum, Anda harus minum setidaknya jumlah air setelah berolahraga sama dengan berat badan yang hilang.
- Suhu sekitar:
Berolahraga di lingkungan dengan suhu dan kelembapan tinggi akan membuat tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi. Jadi, dalam hal ini, Anda perlu meningkatkan hidrasi Anda.
Menghidrasi setelah berolahraga memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:
- Jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi:
Olahraga menghabiskan cairan dalam tubuh Anda, terutama jika Anda berkeringat banyak. Hidrasi yang tepat dapat membantu memulihkan air dalam tubuh, sehingga dapat menjaga keseimbangan air, dan menghindari dehidrasi.
- Meningkatkan Kinerja Atletik:
Dehidrasi mempengaruhi fungsi metabolisme dan kardiovaskular tubuh, yang dapat mempengaruhi kinerja atletik. Hidrasi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan fungsi kardiovaskular, membantu tubuh beradaptasi lebih baik terhadap olahraga.
- Meningkatkan pemulihan fisik:
Hidrasi dapat membantu memulihkan jaringan otot yang rusak setelah berolahraga, mengurangi rasa sakit dan kelelahan.
Ini juga membantu tubuh membuang sisa metabolisme dan racun, mendorong pemulihan fisik.
- Memperbaiki kulit dan sistem pencernaan:
Hidrasi yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan pencernaan. Kelembapan dapat membuat kulit lebih lembap dan elastis, serta membantu sistem pencernaan agar lebih baik dalam menyerap dan mencerna makanan.
Hidrasi pasca latihan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kinerja Anda. Oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang menyukai olahraga, pastikan untuk mengisi kembali air putih dalam jumlah yang cukup setelah berolahraga.