Bangau Biru Besar
Bangau biru besar merupakan burung rawa berukuran besar.
Burung ini dari genus bangau dalam famili heronidae dari ordo pelagiformes.
Bangau biru besar ditemukan di Amerika Utara dan Tengah. Bangau biru besar menusuk ikan atau katak dengan paruhnya yang panjang dan runcing dan menelannya utuh, tetapi terkadang mati tersedak karena mangsanya terlalu besar.
Mirip dengan bangau yang ditemukan di Eurasia dan Afrika. Perbedaan antara bangau biru besar dengan bangau lainnya adalah ukuran bangau lainnya lebih kecil dibandingkan bangau biru besar serta mempunyai warna kepala dan paruh yang berbeda.
Distribusi Geografis
Bangau biru besar ditemukan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Kepulauan Galapagos. Bangau biru besar dapat ditemukan di sebagian besar Amerika Utara, termasuk Alaska, Quebec, dan Nova Scotia.
Batas selatannya bisa mencapai Florida, Meksiko, Karibia, dan hingga Amerika Selatan.
Populasi di sebelah timur pegunungan Rocky di utara bermigrasi ke Amerika Tengah atau Amerika Selatan bagian utara setiap musim dingin. Populasi di Amerika Serikat bagian selatan dan pantai Pasifik adalah burung yang menetap.
Habitat
Umumnya hidup di daerah rawa air tawar dan payau, hutan bakau, dataran banjir, dan tepi danau. Harus hidup dari air. Mereka umumnya bersarang di hutan atau semak di dekat perairan. Suara burung bangau biru besar terdengar serak.
Bangau biru besar tidak mencari makan secara berkelompok. Mereka biasanya berdiri di dalam air untuk mencari sasaran, namun juga melompat dari tanah, udara, atau tempat bertengger.
Karena ukurannya yang besar, mereka dapat mencari makan di perairan yang lebih dalam yang tidak dapat dijangkau oleh bangau lainnya.
Pertumbuhan dan Perkembangbiakan
Bangau biru besar sering bersarang di pepohonan dekat danau atau lahan basah, dan membentuk koloni yang hanya berisi satu spesies, namun terkadang mereka bercampur dengan bangau milik spesies lain.
Ukuran sebuah koloni berkisar antara 5 hingga 500 sarang, dengan rata-rata 150 sarang per koloni. Sarang bangau biru besar terdiri dari cabang-cabang yang kokoh, betina bertelur tiga hingga enam telur berwarna biru muda di dalam sarang. Induk burung hanya membesarkan satu anak per tahun.
Bangau biru besar dewasa akan mengonsumsi makanan empat kali lebih banyak saat menyusui dibandingkan saat bertelur atau mengerami telur. Jika sarangnya ditinggalkan atau dihancurkan, betina akan bertelur lagi. Telur bangau membutuhkan waktu 28 hari untuk menetas, dengan setiap telur menetas dengan jarak beberapa hari dari yang lain.