Fakta Bebek Mandarin
Siapa sangka kalau hewan unggas bisa terlihat sangat cantik dan menawan juga? Tidak terlihat seperti unggas di kisah 'Ugly Duckling', bebek mandarin adalah unggas yang memiliki paras dan bentuk yang indah.
Nama ilmiah dari bebek mandarin adalah Aix galericulata dan termasuk ke dalam kelas Aves (burung) dan menjadi anggota keluarga Anatidae atau keluarga biologis yang mencakup bebek dan burung air serupa angsa atau itik.
Kalau bebeknya secantik ini, rasanya ingin dipelihara saja di rumah, ya? Namun, apakah kalian sudah tahu fakta-fakta menarik tentang unggas cantik ini? Kalau belum, kalian harus lihat tulisan ini sampai habis, ya!
1. Merupakan simbol cinta
Bebek mandarin adalah salah satu bentuk simbol dari rasa cinta di beberapa negara, seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Tiga negara ini menggunakan bebek sebagai simbol cinta karena mereka percaya bahwa bebek adalah hewan yang setia dengan pasangannya. Hal ini didorong karena pernah ada suatu keyakinan bahwa hewan ini hanya menikah atau memiliki pasangan satu kali seumur hidup mereka. Tentu saja hal ini adalah hal yang diinginkan oleh semua orang saat mencari pasangan, bukan? Karena itu, patung-patung bebek sering kali digunakan sebagai hadiah untuk pengantin baru atau hiasan dekorasi saat acara pernikahan.
2. Populasi bebek mandarin tersebar di banyak negara
Siapa sangka, populasi bebek ini enggak hanya di sekitar Tiongkok, lho! Populasi unggas cantik ini bisa ditemukan di banyak negara di seluruh dunia, beberapa di antaranya adalah Rusia bagian selatan, tepatnya di Siberia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang. Wah, sepertinya unggas yang satu ini sangat suka traveling, ya. Katanya, pada musim dingin, bebek mandarin lebih suka bermigrasi ke wilayah Tiongkok bagian selatan dan Jepang. Bebek ini biasanya hidup di sungai-sungai yang di sekitarnya ada banyak pepohonan.
3. Bebek mandarin jantan memiliki bulu yang indah
Beda kasus dengan manusia, ya. Ternyata, bebek mandarin yang jantan bisa terlihat lebih "cantik". Bebek mandarin jantan memiliki warna bulu yang lebih terang dan mencolok. Biasanya, warna bulu yang mendominasi pada bebek mandarin jantan adalah warna merah, cokelat, hijau, biru, dan oranye. Berbeda dengan yang betina, mereka hanya memiliki warna abu-abu, putih, dan cokelat. Ukuran bebek mandarin pun biasanya tidak terlalu jauh bedanya. Range ukuran bebek mandarin berada di 20 hingga 25 cm dengan berat 1 hingga 1,5 kg.
4. Erat dengan nilai seni
Seperti yang sudah kita lihat, keindahan bebek mandarin sepertinya tidak diragukan lagi, ya? Penampilan bebek mandarin yang sangat artistik ini telah menjadikan bebek mandarin sebagai objek yang sangat populer dalam lukisan-lukisan dan karya sastra klasik Tiongkok. Bahkan, ada puisi tertua tentang bebek ini yang pernah dituliskan pada abad ke-7 sebelum Masehi di Tiongkok, lho!