Tips Bersepeda Jauh
Bersepeda telah menjadi olahraga sekaligus hobi yang sedang digandrungi banyak orang. Salah satu cara seseorang untuk mencari tantangan lain saat bersepeda adalah bersepeda jarak jauh.
Sebelum bersepeda jarak jauh, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Agar nantinya, saat bersepeda berlangsung aman tanpa mengganggu kesehatan ataupun keselamatan. Bersepeda jarak jauh membutuhkan persiapan matang dan utamanya adalah keselamatan diri. Oleh sebab itu, persiapan sebelum bersepeda jangan disepelekan.
Berikut ini kami telah rangkum tips bersepeda jarak jauh yang aman dilakukan:
Mengonsumsi Makanan Kaya Serat
Tips bersepeda pertama yang harus diketahui bagi pemula saat bersepeda jarak jauh adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini sendiri ditujukan demi menunjang stamina saat nantinya bersepeda.
Sebelum bersepeda jarak jauh, hindarilah kondisi perut kosong atau kekenyangan. Isilah perutmu secukupnya saja. Cara yang tepat untuk mengisi perut secukupnya ini adalah dengan makanan kaya serat.
Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan di malam hari sebelum kamu berencana untuk bersepeda jarak jauh. Tips bersepeda ini ditujukan karena makanan kaya serat bisa menjadi pasokan energi saat olahraga.
Usahakan untuk Mencukupi Asupan Minum
Tidak hanya asupan makanan saja yang perlu kamu perhatikan saat akan bersepeda jarak jauh. Tips bersepeda lainnya adalah mengusahakan untuk mencukupi asupan minum air putih yang diperlukan setiap harinya.
Bagi kamu yang baru ingin bersepeda, nutrisi dan hidrasi menjadi dua kunci utama dalam mempertahankan tenaga saat bersepeda jarak jauh. Oleh karenanya, air minum perlu dibawa saat kamu akan bersepeda nantinya.
Pastikanlah untuk mengonsumsi minimal 2 gelas air kurang lebih 15 menit sebelum kamu akan bersepeda. Setelah itu, minumlah kira-kira satu botol air mineral per jamnya untuk memperbaiki tenaga yang sudah terkuras.
Rutin Berlatih dengan Jarak Pendek
Tips bersepeda jarak jauh yang selanjutnya adalah rutinlah untuk berlatih menggunakan jarak yang lebih pendek. Baiknya seseorang melakukan latihan sebelum bersepeda jarak jauh. Masa otot akan terbiasa apabila seseorang bersepeda rutin sebelum bersepeda jarak jauh.
Saat hendak bersepeda sejauh 150 kilometer, lakukan pemanasan 50-75 persen dari jarak bersepeda atau 75-95 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar tubuh terbiasa saat bersepeda jarak jauh.
Perbanyak Makan dan Minum
Pesepeda sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan dan minum sebelum melakukan aktivitas bersepeda jarak jauh. Seseorang baiknya mengonsumsi makanan ringan setiap 20 menit sekali dan minum air mineral 1 liter setiap 1 jam.
Kekurangan asupan makanan akan menyebabkan lemas pada tubuh yang berarti kadar glukosa darah sangatlah rendah.
Makanan yang dianjurkan dibawa saat bersepeda jarak jauh adalah makanan yang praktis, yang dapat dikonsumsi di sela-sela waktu bersepeda, seperti oat bar, pisang, atau energy gel.
Bawa perbekalan yang cukup
Pesepeda sering kali lalai dalam memperhatikan perbekalan yang dibawa. Padahal, ketika gowes jarak jauh, tubuh membutuhkan cukup banyak nutrisi.
Perbekalan yang perlu disiapkan saat bersepeda jarak jauh antara lain adalah air minum yang cukup, makanan ringan, dan suplemen pengganti makan lainnya. Dengan perbekalan yang cukup, maka kita bakal terhindar dari dehidrasi dan kelaparan saat di perjalanan.
Jangan lupa istirahat
Istirahat penting untuk memberi jeda pada otot kita yang telah bekerja keras saat bersepeda jarak jauh. Istirahat juga menjadi faktor penting untuk menghindari potensi kram yang bisa terjadi pada otot.
Namun, yang perlu diperhatikan adalah waktu istirahat yang jangan terlalu lama. Cukup alokasikan waktu selama 10-15 menit saja untuk beristirahat. Jika terlalu lama, otot-otot kita akan kembali mengendur sehingga tubuh kita akan menjadi lemas.