Jembatan Terkenal di Dunia
Saati ini, pembangunan jembatan telah menjadi bagian esensial dari tata kota.
Signifikansinya telah melebihi bentuk fisiknya untuk menjadi lambang perkembangan budaya dan politik.
Di beberapa kota, jembatan telah menjadi destinasi wisata tersendiri, menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya untuk berfoto, jadi pastikan untuk mengunjunginya jika Anda berkesempatan.
1. Jembatan Golden Gate
Jembatan Golden Gate adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia dan merupakan prestasi dari teknik pembangunan jembatan modern. Terletak di atas Selat Golden Gate di California, Amerika Serikat, jembatan ini memiliki lebar lebih dari 1.900 meter dan memakan waktu empat tahun serta lebih dari 100.000 ton baja untuk dibangun dengan biaya $35,5 juta.
Karena strukturnya yang baru dan penampilannya yang menakjubkan, jembatan ini dianggap sebagai "model keindahan" oleh komunitas insinyur jembatan internasional dan telah diakui sebagai salah satu keajaiban dunia modern oleh American Institute of Architects and Engineers. Ini juga menjadi salah satu jembatan yang paling menarik untuk difoto di dunia.
Jembatan Golden Gate adalah representasi luar biasa dari industri jembatan gantung, tidak hanya berperan penting dalam proyek-proyek jembatan gantung besar, tetapi juga menjadi standar untuk konstruksi dan manajemen operasi semua proyek besar.
2. Jembatan Langit
Jembatan Langit adalah salah satu struktur monolit tertinggi di dunia dan salah satu jembatan yang paling spektakuler, dengan "rangka baja" besar dan berat yang didukung oleh satu tiang.
Terletak di puncak bukit di kepulauan Malaysia, jembatan ini adalah jembatan pejalan kaki setengah lingkaran yang dibangun pada tahun 2004. Jembatan ini berbentuk lingkaran, dengan badan utamanya terbuat dari baja, dan seluruh jembatan berada pada ketinggian 687 meter di atas permukaan laut, menghubungkan dua bukit, sehingga dinamakan "Jembatan Langit". Jembatan ini menawarkan pemandangan 360 derajat dari Pulau Langkawi dan Laut Andaman, menjadikannya atraksi wisata utama di Malaysia.
3. Jembatan Hussaini
Jembatan Hussaini terkenal sebagai jembatan yang paling berbahaya di dunia, sebuah jembatan tali yang terdiri dari banyak papan kayu yang bergoyang-goyang.
Bagi sebagian besar penduduk, ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai Rawalpindi. Metode transportasi yang umum digunakan di wilayah ini adalah kabel yang melintasi sungai dan jembatan di pegunungan di utara Pakistan.
Salah satunya adalah Jembatan Gantung Hussaini. Jembatan tali ini panjang dan rusak, banyak papan yang jatuh, dan harus menahan angin kencang saat menyeberanginya.
Meskipun terlihat sangat berbahaya, ini sudah menjadi jembatan yang relatif aman dan telah menjadi atraksi wisata petualangan yang terkenal.
4. Jembatan Teluk Hangzhou
Jembatan Teluk Hangzhou melintasi Sungai Qian Tang di delta Sungai Yangtze di Cina, dengan total panjang 36 kilometer. Ini juga salah satu jembatan yang paling sulit dibangun di dunia.
Ini merupakan pencapaian dan keajaiban dalam sejarah pembangunan jembatan di dunia. Proyek Penelitian Air Teluk Hangzhou berlangsung hampir sepuluh tahun sebelum jembatan tersebut dibangun.
Proyek ini berlangsung hampir lima tahun, dengan jumlah beton setara dengan membangun delapan Teater Nasional, jumlah baja setara dengan membangun tujuh "sarang burung" dan panjang 21 Jembatan Sungai Yangtze Wuhan. Jembatan ini juga menciptakan sejumlah rekor dunia. Pembangunan jembatan ini telah mendorong perkembangan ekonomi yang pesat di wilayah Delta Sungai Yangtze. Itu sungguh memukau melihat bahwa dengan kebijaksanaan manusia, begitu banyak Jembatan yang indah dan megah yang dapat diciptakan!