Fakta Tentang Singa
Singa merupakan spesies hewan dari jenis kucing dan hidup berkelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan & banyak betina.
Kelompok ini menjaga daerah kekuasaannya. Umur singa antara 10 sampai 15 tahun di alam bebas, tetapi dalam penangkaran memungkinkan lebih dari 20 tahun.
Sementara itu, dahulu, singa hidup di seluruh Afrika, Eropa, Timur Tengah dan anak benua India. Tetapi sekarang habitat singa hanya di sebagian kecil anak benua India dan Afrika. Itu terjadi karena perburuan liar yang bertujuan mendapatkan kulitnya. Berikut beberapa fakta menarik tentang singa yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.
Ciri-ciri fisik singa
Karakteristik fisik singa dikenal dengan ototnya yang berkembang baik dan kuat. Tubuh singa itu panjang dan mereka memiliki kepala yang besar, serta kaki mereka yang pendek.
Seekor jantan dewasa tidak termasuk ekornya memiliki panjang sekitar 1,8 hingga 2,1 meter dan beratnya sekitar 170 hingga 230 kg. Singa betina lebih kecil dan beratnya jauh lebih sedikit.
Singa memiliki bulu pendek dan warnanya bervariasi dari kuning jingga-coklat atau abu-abu keperakan dan coklat tua. Mereka memiliki bulu di ekor yang biasanya berwarna lebih gelap dari pada bulunya.
Perenang yang handal
Mungkin kamu terkejut mengetahui bahwa singa jago berenang, tapi sebenarnya itu gak aneh karena semua hewan mamalia memang bisa berenang.
Laman Animal Planet menyebut bahwa kadang singa memang harus berenang, misalnya singa yang hidup di sekitar Delta Okavango di Botwsana. Kawasan tersebut sering kali tergenang air yang cukup dalam.
Hewan yang Sangat Pemalas
Di antara semua spesies kucing besar, singa rupanya pantas dinobatkan sebagai yang paling malas. Bagaimana tidak, kerjaan mereka sehari-hari hanya tidur saja. Seekor singa jantan bisa menghabiskan 18-20 jam sehari untuk tidur!
Bahkan, singa betina yang lebih sibuk karena harus berburu dan merawat anaknya pun tidur 15-18 jam sehari. Bahkan, jika habis kenyang makan, singa bisa tidur selama 24 jam penuh! Ya ampun, malas banget, ya.
Tidak bisa memanjat pohon
Singa termasuk dalam kelompok kucing besar, sama seperti harimau dan macan.
Meski termasuk dalam kelompok kucing besar, ternyata singa tidak memiliki salah satu kemampuan yang dimiliki oleh kucing besar lainnya. Kemampuan ini adalah untuk memanjat pohon.
Ya, singa ternyata tidak bisa memanjat pohon seperti harimau, macan, atau kucing.
Singa betina berburu, jantan melindungi
Singa hidup dalam sebuah kelompok yang mana satu kelompok biasanya terdiri dari satu jantan dan beberapa betina atau 3 jantan dan lebih banyak betina di dalamnya.
Singa betina dalam kelompok memiliki tugas untuk berburu dan mencari makanan. Sedangkan singa jantan adalah pelindung mereka, singa jantan membuat kelompok tersebut benar-benar ditakuti oleh kelompok hewan lain.
Hyena adalah musuhnya
Walaupun gelarnya sebagai raja hutan dan tak ada yang ditakuti oleh singa, tapi mereka juga punya musuh. Hyena menjadi hewan yang cukup mengganggu singa, mereka adalah pemburu yang hebat serta memakan mangsa yang sama seperti singa.
Meskipun singa tak takut sama sekali dengan hyena, tapi hewan ini punya kecerdikan dalam berburu serta memiliki kelompok dengan jumlah yang lebih besar, sehingga menyulitkan singa dalam berburu.
Itulah fakta unik singa yang jarang diketahui orang. Singa memang menjadi hewan predator di darat yang paling populer. Akan tetapi singa juga bisa terancam populasinya akibat perburuan yang dilakukan manusia demi mengambil bulu mereka.