Tanaman Sukulen
Tanaman sukulen adalah jenis tanaman yang memiliki daun sebagai organ nutrisi, selain akar dan batang.
Daun-daun mereka tebal, berdaging, dan mampu menyimpan banyak air.
Mereka memiliki setidaknya satu jenis jaringan berdaging yang merupakan jaringan hidup. Ketersediaan air di dalam tanaman memungkinkan mereka bertahan sementara tanpa memerlukan pasokan air eksternal, terutama saat kandungan air tanah menurun dan sistem akar tidak dapat menyerap air yang dibutuhkan. Diperkirakan ada lebih dari 10.000 spesies tanaman sukulen di seluruh dunia, termasuk dalam lebih dari 100 keluarga berbeda dalam klasifikasi tanaman. Tanaman sukulen juga dikenal dapat membersihkan udara.
Keluarga tanaman sukulen sangat luas, terdiri dari lebih dari 10.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia, termasuk dalam lebih dari 100 keluarga yang berbeda dalam klasifikasinya. Semua tanaman sukulen adalah tanaman berbunga yang sangat mudah beradaptasi dan bereproduksi. Beberapa tanaman sukulen yang umum dibudidayakan termasuk Sedum, Euphorbiaceae, Phyllanthaceae, Cactaceae, Liliaceae, Agave, dan Romaceae. Keluarga Cactaceae memiliki perbedaan karakteristik, distribusi, dan kebutuhan perawatan yang membedakannya dari keluarga tanaman sukulen lainnya.
Hal yang paling dikhawatirkan tentang tanaman sukulen adalah jika terlalu disiram, karena mereka merupakan tanaman kering yang tidak menyukai kelembaban, sehingga mereka tidak memerlukan penyiraman secara teratur. Penting untuk menyiram tanaman dengan benar untuk memastikan bahwa akar di bagian bawah dapat menyerap air dengan baik. Tanaman sukulen biasanya tidak tumbuh dengan baik dan bisa menjadi kuning karena kurangnya nutrisi.
1. Kendalikan Ketersediaan Air
Tanaman sukulen menyimpan banyak air dan nutrisi di batang dan daun mereka, sehingga lebih cocok tumbuh di tanah yang relatif kering. Untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tanaman sukulen, sebaiknya tanah disiram hanya saat kering, dan pastikan bahwa kelembaban tanah selalu di bawah 50%, baik tanaman tersebut ditanam di dalam pot atau di luar.
2. Pencahayaan yang Tepat
Tanaman sukulen menyukai cahaya, tetapi perlu diingat bahwa terlalu banyak cahaya dapat merusak daun mereka. Perhatikan penempatan tanaman sukulen agar tidak terkena sinar matahari langsung secara berlebihan, karena dapat menyebabkan daun terbakar dan mengering. Rentang suhu yang ideal untuk tanaman sukulen adalah antara 15 hingga 28 derajat Celsius.
3. Pergantian dan Penyegaran Tanah
Tanah dalam pot cenderung menggumpal, tetapi karena kebutuhan khusus pertumbuhan tanaman sukulen, sebaiknya gunakan media tanam yang lebih berbutir agar tidak mudah menggumpal. Pastikan untuk mengganti tanah secara berkala untuk menjaga kebersihan dan kesehatan akar tanaman.