Desa Terindah
Di Jepang terdapat sebuah desa yang dikelilingi pegunungan, dilintasi sungai dan diselingi sawah.
Serta bertaburan bangunan beratap jerami berbentuk manusia, ini adalah desa Shirakawa-go di Jepang.
Shirakawa-go terletak di bagian barat laut Prefektur Gifu.
Ciri yang paling khas dari desa ini adalah atapnya yang runcing, karena atap jerami di kedua sisinya terlihat seperti buku terbuka dan seperti telapak tangan orang Jepang yang dirapatkan dalam doa. Inilah sebabnya mereka menyebut adalah Gassho-zukuri.
Gassho-zukuri adalah struktur yang seluruhnya terbuat dari kayu, dan tidak ada paku yang digunakan dalam proses konstruksinya. Untuk mencegah salju meruntuhkan rumah, atapnya didesain berbentuk tulang herring dan terbuat dari jerami untuk melindunginya dari dinginnya musim dingin yang keras.
Kayu cedar biasanya digunakan untuk kolom-kolom bangunan Gassho-zukuri, kebanyakan mengarah utara-selatan. Pasalnya, arah angin Shirakawa diperhitungkan untuk mengurangi jumlah angin dan mengatur jumlah sinar matahari sehingga cuaca bisa hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.
Desa ini mengadakan acara penerangan pada akhir Januari dan awal Februari setiap tahun, yang merupakan waktu paling populer sepanjang tahun. Dunia dongeng fantasi perlahan muncul. Banyak orang melakukan perjalanan siang dan malam
ke Shirakawa-go hanya untuk melihat negeri ajaib yang menyembuhkan ini. Setiap tahun, asosiasi pariwisata setempat memilih hari tertentu sebagai “hari penerangan”. Saat langit mulai gelap di sore hari, desa dataran bersalju yang sudah asri itu terlihat semakin asri dan hangat dalam cahaya jingga.
Musim pencahayaan seperti dongeng di Desa Hapucho yang terlalu terkenal telah menyebabkan kemacetan lalu lintas yang serius di desa tersebut dan menghalangi wisatawan untuk memasuki desa dan dek observasi. Oleh karena itu, mulai tahun 2019, acara lighting akan diadakan secara online dengan reservasi. Untuk berpartisipasi, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dan melakukan pengundian di situs resmi Asosiasi Pariwisata Shirakawa-go.
Mereka yang memenangkan lotre akan dapat memasuki desa dan mengunjungi dek observasi selama acara pencahayaan dan bermalam di dunia dongeng putih keperakan untuk merasakan kehidupan desa sederhana di malam hari.
Desa Hopping adalah pemimpin dunia dalam pelestarian dan transmisi warisan budaya dan telah menciptakan serangkaian langkah unik untuk melestarikan budaya lokal. Saat ini, desa ini disebut sebagai “desa yang indah dengan cita rasa tradisional Jepang”.
Hingga saat ini, desa tersebut masih mempertahankan cara kerja sama yang lama. Ketika rumah seseorang direnovasi, semua orang membantu. Pemandangan seratus orang berdiri di atap sungguh spektakuler dan mengharukan.
Pada bulan Desember 1995, pada Komite Warisan Dunia UNESCO ke-19 yang diadakan di Berlin, Jerman, Desa Hapo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia. Desa ini direkomendasikan oleh arsitek Jerman Bruno dalam bukunya " Penemuan Kembali Keindahan Jepang ", dan para pelancong datang mengunjungi desa tersebut, yang secara bertahap mengembangkan industri pariwisata.
Keberhasilan Shirakawa-go tidak terlepas dari upaya tak henti-hentinya para petani lokal dalam melestarikan budaya lokal dan lingkungan ekologi desa pegunungan. Pengalaman mereka menjadi acuan positif bagi pembangunan kawasan pedesaan baru di seluruh dunia. Jika Anda pergi ke Jepang pada musim dingin, Anda mungkin ingin memperhatikan acara pencahayaan tahunan ini, yang merupakan acara terpenting yang tidak boleh dilewatkan.