Bintang Laut
Jika berbicara tentang biota laut, orang akan selalu berpikir tentang hiu, dan hiu adalah predator ganas di lautan.
Siapa sangka bintang laut yang bertengger di pasir atau karang juga merupakan predator?.
Aktivitas bintang laut tidak bisa sefleksibel hiu, cepat, mangsa utamanya adalah beberapa hewan laut yang bergerak lebih lambat, seperti kerang, bulu babi, kepiting, dan anemon laut. Bintang laut sering kali mengambil strategi lambat dan
berkelok-kelok saat makan, mendekati mangsanya secara perlahan, menggunakan kaki tabung karpal untuk menangkap mangsa dan seluruh tubuh melilitnya, kantung perut dari mulut, menggunakan enzim pencernaan agar mangsanya keluar, tubuh larut dan terserap olehnya.
Bintang laut merupakan mata rantai integral dalam rantai makanan laut dan berperan dalam menjaga keseimbangan biota.
Ada sekitar 2.000 spesies bintang laut di seluruh dunia, dengan jumlah spesies terbesar ditemukan di perairan timur laut Pasifik dari Alaska hingga California.
Dalam rantai makanan alami, predator dan mangsa sering kali berada dalam pertarungan hidup dan mati. Untuk melepaskan diri dari predasi bintang laut, hewan yang dimangsa akan bereaksi dengan mengelak.
Setiap kali bintang laut menyentuh teripang berukuran besar, ia akan menggelinding dengan keras di dalam air dan melarikan diri sebelum bintang laut dapat mencengkeramnya dengan kuat.
Kerang juga mempunyai keahlian unik dalam menghindari bintang laut. Saat bintang laut mendekat, kerang akan menutup cangkangnya dan berenang menjauh dengan cepat. Hewan-hewan ini memiliki kemampuan mengelak yang telah berevolusi.
Bintang laut sangat memperhatikan keturunannya, sering kali mendirikan tubuh mereka menjadi payung setelah bertelur, memungkinkan mereka menetas di dalam untuk menghindari pemangsaan oleh hewan lain. Tukik tersebut hanyut bersama air laut untuk memakan plankton dan akhirnya tumbuh menjadi bintang laut besar.
Makanan bintang laut adalah kerang, ketika bintang laut ingin memakan kerang, pertama-tama ia akan menggunakan alat pengisap yang kuat untuk membuka cangkangnya, kemudian perutnya dari mulut untuk memakan tubuh kerang tersebut.
Nilai ekonomi bintang laut tidak seberapa, hanya bisa dikeringkan untuk dijadikan bubuk untuk pupuk pertanian.
Karena bintang laut memangsa kerang, sehingga sangat merugikan budidaya kerang.
Trik bintang laut adalah bisa beregenerasi, ada beberapa bintang laut asalkan masih ada tunggul lengannya bisa tumbuh utuh lagi. Bintang laut dapat beregenerasi secara alami setelah karapas dan cakram tubuhnya rusak atau terpotong sendiri.
Setiap bagian dari bintang laut dapat diregenerasi menjadi bintang laut baru.
Para ilmuwan juga sedang mengeksplorasi misteri kemampuan regeneratif bintang laut untuk mendapatkan wawasan dan mencari pengobatan medis baru bagi manusia.