Gunung Everest
Kalau bicara tentang Gunung Everest, kami yakin banyak orang pasti sudah mengenalnya.
Everest merupakan puncak utama pegunungan Himalaya.
Tempat terdekat dengan surga, yang memberikan kesan pertama bagi orang-orang bahwa mereka dapat menjangkau dan menyentuh langit biru dan awan putih.
Gunung Everest terletak di perbatasan antara Tiongkok dan Nepal, dengan Tibet di utara dan Nepal di selatan.
Kata “Everest” berarti “dewi”, sedangkan “Langma” berarti “ketiga”. Ada empat puncak di sekitar Everest, dan karena Everest adalah puncak tertinggi ketiga, maka dinamakan demikian.
Gunung Everest berbentuk piramida, megah dari kejauhan, seolah-olah akan pecah dari awan. Medan di Gunung Everest sangat terjal dan memiliki lingkungan yang kompleks. Everest bisa dikatakan sebagai zona tanpa kehidupan yang sebenarnya. Sejak pendakian pertama yang dilakukan pendaki gunung Selandia Baru Edmund Hillary pada tahun 1953, puncak nomor satu dunia ini mulai menarik ribuan petualang untuk memulai perjalanan ini.
Pada bulan Oktober 2018, tim pendakian Korea Selatan bersiap menjelajahi rute baru menuju puncak Gurga, puncak yang jarang dilalui di Himalaya dan menamakannya Korean Way. Tetapi karena lingkungan yang keras, mereka akhirnya gagal.
Meskipun pendaki akan beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan dataran tinggi dan membawa botol oksigen, untuk jarak lebih dari 6.000 meter, setiap langkah maju memerlukan mengatasi penyakit ketinggian yang parah.
Penyakit ketinggian, disebut juga penyakit gunung akut, terjadi ketika tubuh manusia mencapai ketinggian 3000 meter atau lebih di dataran tinggi karena kekurangan oksigen, sehingga menyebabkan reaksi dataran tinggi akut, edema paru, edema serebral, dll.
Longsoran salju adalah penyebab utama kematian para pendaki yang berupaya mencapai puncak Gunung Everest, yang menyumbang sekitar sepertiga dari seluruh kematian. Jika terjadi longsoran salju di area lintasan longsoran maka bahayanya tidak terlalu parah, namun jika terjadi di area penumpukan maka peluang untuk bertahan hidup sangat kecil.
Gletser di Gunung Everest terutama terbentuk karena metamorfosis salju, dan terdapat berbagai bentuk gletser, termasuk tebing es setinggi puluhan meter, dan area longsoran yang berbahaya. Namun di balik Gunung Everest terdapat Nepal, yang memiliki banyak sekali musim semi dan bunga di semua musim.
Meskipun Nepal terletak di seberang gletser Gunung Everest, Nepal mengalami empat musim semi. Cuaca di sana cerah, udaranya segar, dan pemandangan di Gunung Everest juga bisa dilihat dengan jelas. Di Nepal, jika Anda memiliki ketekunan dan kekuatan fisik yang cukup, Anda dapat mendaki delapan puncak tempat Nepal berada, dan berdiri di puncak tersebut, Anda juga dapat melihat puncak Gunung Everest yang bersalju dan pemandangan Nepal.
Puncak-puncak yang megah selamanya memberikan pelukan hangat bagi para penjelajah pemberani.