Seni-Seni Bela Diri
Berlatih seni bela diri dapat menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental. Selain belajar bela diri, kamu juga akan mendapatkan full body latihan aerobik, membangun otot, dan meningkatkan keseimbangan.
Bagi mereka yang merasa sulit untuk tetap pada rencana latihan, ide belajar dan mengembangkan keterampilan baru mungkin insentif yang baik untuk membuat kamu datang kembali.
Ada suatu gerakan yang memungkinkan anda untuk membela diri dari musuh atau orang yang sedang mengancam keselamatan diri kamu. Bela diri sendiri adalah sebuah gerakan atau seni yang berguna untuk membantu tubuhmu dalam mempertahankan diri dari ancaman serangan orang lain atau hal lainnya yang bisa membuat tubuh anda terancam. Namun bela diri dalam artian yang umum atau luas bisa di artikan sebagai metode apapun yang tujuannya dipakai oleh manusia untuk mempertahankan dirinya dari serangan seorang musuh.
Bela diri sendiri sangatlah diperlukan jika kamu dalam menghadapi kondisi seperti pembully-an, perampokan, aksi jambret, dan hal lainnya yang memungkin diri anda terasa terancam akan suatu hal. Berikut ada beberapa macam – macam olahraga bela diri yang mungkin bisa anda praktekkan dan di coba untuk melindungi diri kamu.
Teknik dasar olahraga bela diri
Ada gerakan dasar yang sama pada macam-macam olahraga bela diri, misalnya:
• menendang,
• menyerang dengan tangan terbuka,
• menendang dengan gerakan “menyapu”,
• menangkis,
• serangan siku dan lutut,
• pukulan, dan
• taktik penghindaran.
Untuk memaksimalkan gerak dasar ini, kamu perlu memantapkan posisi kuda-kuda.
Macam-macam seni bela diri
1. Karate
Karate adalah seni beladiri yang berasal dari Jepang. Beladiri ini menitikberatkan kekuatan pada lengan dan tangan tanpa melupakan kaki saat melancarkan setiap jurunys. Karate memiliki beberapa aliran, yaitu Shotokan, Shito ryu, Goju ryu, dan Wado ryu.
Karate merupakan salah satu olahraga yang cukup akrab untuk masyarakat. Popularitas karate membuatnya menjadi salah satu ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Selain di Indonesia, karate juga populer secara global.
2. Pencak Silat
Seni bela diri yang satu ini bisa jadi merupakan salah satu olahraga bela diri yang lahir di negara Indonesia dan bisa dibilang telah menjadi salah satu olahraga bela diri yang di miliki negara Indonesia, tetapi seni bela diri pencak silat sendiri telah banyak di kenal dan di praktekkan di seluruh dunia dan banyak sekali peminat dari seni bela diri pencak silat itu sendiri. Pencak silat telah ada sejak tahun 1550, dimana pencak silat ini merupakan salah satu bela diri yang menggunakan tangan kosong dan menggunakan teknik – teknik tertentu untuk menjatuhkan musuh.
Salah satu perguruan yang bisa anda temui di segala penjuru Indonesia adalah merpati putih, dimana merpati putih sendiri adalah seni bela diri pencak silat yang menggunakan tenaga dalam sebagai teknik andalan perguruan tersebut di dukung dengan berbagai teknik yang mematikan bagi musuh yang menghadapinya. Teknik yang di miliki oleh merpati putih sendiri telah di gunakan oleh Kopassus dan TNI, yang mana mereka merupakan angkatan militer negara Indonesia. Mereka menggunakannya karena di anggap sangatlah mematikan serta bisa menghadapi musuh yang mengancam sekalipun dengan berbagai teknik dari merpati putih sendiri. Telah banyak hasil dan contoh dari apa yang telah di lakukan prajurit Indonesia sendiri menggunakan teknik merpati putih dalam mempertahankan kesatuan NKRI sendiri.
3. Kung fu
Kung fu memadukan berbagai gaya bertarung yang menantang dalam latihannya.
Banyak serangan yang memerlukan berbagai gerakan, termasuk melompat, membalikkan badan, menendang, dan gerakan-gerakan umum lainnya.
Hal ini membuat kungfu mampu meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh, ketahanan otot tubuh bagian bawah, serta peningkatan kecepatan gerakan otot.
4. Muay Thai
Muay thai adalah seni beladiri dari Thailand yang tumbuh subur di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Alhasil, Anda dengan mudah dapat melihat tempat berlatih muay thai.
Muay thai menggunakan beberapa anggota tubuh sebagai senjata utama, seperti tangan, kaki, sikut, dan lutut. Beladiri ini cukup menguras fisik sehingga beberapa orang tidak hanya mempelajarinya untuk mempertahankan diri, tetapi juga guna menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.
5. Aikido
Seni beladiri asal Jepang ini diciptakan dan ditemukan oleh orang yang bernamakan Morihe Ueshiba yang telah diciptakan sekitar era modernisasi negara Jepang tahun 1800 – an. Untuk beladiri aikido sendiri lebih terfokuskan dalam penguasaan tekniknya dan kesempurnaan dalam melakukan teknik tersebut, ya tentu berbeda dengan seni beladiri yang lainnya karena mungkin beladiri lain lebih mengutamakan kekuatan fisik, dan kecepatan dalam melakukan gerakan bertarungnya.
Dalam bela diri aikido sendiri teknik yang dipakai lebih banyak dalam sebuah gerakan defensif atau mempertahankan diri, tetapi apabila telah memasuki tahap lanjutan maka akan dilatih atau diajarkan teknik – teknik gerakan secara offensive. Diantaranya teknik gerakan yang diajarkan adalah seperti elakan, kuncian, bantingan, dan teknik lemparan terhadap tubuh musuh.
6. Brazilian Jiujitsu/Gulat
Gulat adalah salah satu dari macam-macam olahraga bela diri yang menekankan pada penguncian gerakan lawan. Olahraga ini dilakukan dengan tangan kosong.
Setiap pemain berusaha untuk melempar atau menjepit lawan agar tidak bisa bergerak dan kalah.
Seni bela diri ini menekankan pada kekuatan otot secara menyeluruh. Karena membutuhkan kekuatan otot, gulat juga membuat ketahanan otot meningkat.
Namun, otot yang paling terlatih adalah otot leher. Otot leher yang kuat juga membuatnya mampu bergerak miring atau berputar.