Manfaat Susu Domba
Susu domba adalah alternatif lain dari susu sapi. Susu domba memiliki lebih banyak nutrisi per gelas, di antaranya protein, lemak, vitamin, dan mineral.
Bahkan menurut Dr. Amber Milan dari Institut Liggins, AgResearch, kandungan kalsium dan seng pada susu domba hampir dua kali lipat dibandingkan susu sapi.
Susu domba berasal dari kelenjar susu domba betina yang juga digunakan untuk menyusui anak-anaknya. Susu domba digunakan dalam produksi berbagai keju terkenal, seperti feta dan Roquefort. Susu ini juga biasa diolah menjadi berbagai yoghurt dan bahkan diminum sebagai minuman standar, meskipun tidak begitu umum.
Susu domba juga biasanya lebih mahal dan sulit ditemukan karena waktu produksi susunya yang terbatas dalam setahun. Ayo simak apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari susu domba!
1. Menjaga kesehatan kulit
Dilansir dari laman Healthline, susu domba mengandung lebih banyak protein dan kalsium daripada susu sapi. Selain itu, susu domba dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih efektif.
Studi menunjukkan susu domba dapat membuat kulit menjadi lembut dan lembap, serta menjadikannya kandungan yang baik untuk sabun dan losion.
Menurut laman The List, susu domba memiliki kadar vitamin A yang tinggi. Kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan kulit. Lalu, kadar asam laktatnya yang tinggi dapat membantu kulit melepas sel-sel mati.
2. Mampu menghilangkan kulit keriput
Mempunyai manfaat mengatasi kulit keriput, konsumsi susu domba bisa menjadi jawabannya. Sebab, ada kandungan vitamin B3 yang bisa menyembuhkan serta manghaluskan dan melembutkan kulit. Pastinya, kulit para wanita bisa lebih cantik lagi dan lebih segar.
3. Baik untuk pertumbuhan
Susu domba diklaim mengandung protein terbaik. Dengan 5,4 gram protein per 100 gram susu, susu domba lebih baik daripada susu sapi (3,2 gram), susu kambing (3,1 gram) dan susu kerbau (4,5 gram). Hal ini membuat susu domba sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Mengapa? karena protein lengkap sangat penting untuk produksi jaringan, sel, dan materi tulang di dalam tubuh.
4. Menjaga kesehatan sel tubuh
Selain membantu mengendalikan tekanan darah, kalium pada susu domba ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, organ hati, dan tulang.
Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi. Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.
5. Kepadatan mineral tulang
Seperti semua jenis susu, susu domba mengandung susunan mineral penting yang penting, seperti seng, magnesium, dan kalsium. Ini semua adalah komponen penting untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dalam tubuh, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia.
Untuk mencegah timbulnya osteoporosis dan memastikan gaya hidup sehat aktif hingga usia tua, susu dari domba atau produknya bisa menjadi pilihan yang efektif dan lezat. Susu domba mengandung kira-kira dua kali lebih banyak kalsium daripada susu sapi dan kambing, yang dapat melindungi tulang dan gigi kamu.
Nah, ada banyak kan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi susu domba. Namun, susu domba memiliki kadar lemak yang tinggi. Jadi jika kamu saat ini menderita obesitas atau kondisi yang berhubungan dengan berat badan lainnya, menggunakan susu domba sebagai sumber nutrisi kamu mungkin bukan pilihan yang bijaksana.