Spesies Ubur-Ubur Terunik
Ubur-ubur adalah salah satu makhluk hidup terunik di dunia. Bentuk mereka unik, penampilannya unik, dan cara bergeraknya pun unik.
Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria, ubur-ubur yang dimaksud di sini adalah hewan dari kelas Schypozoa, sehingga sering disebut ubur-ubur sejati agar tidak dibingungkan dengan hewan lain yang juga disebut ubur-ubur seperti: Ctenophora (ubur-ubur sisir) dan Cubozoa (ubur-ubur kotak). Sebagai anggota Cnidaria, mereka memiliki dua bentuk tubuh yaitu polip yang menempel di dasar laut dan medusa yang dapat berenang bebas dan berbentuk cangkir terbalik.
Spesies ubur-ubur terunik banyak sekali ditemukan di seluruh penjuru dunia. Ubur-ubur merupakan Salah satu jenis hewan laut yang di tentakelnya dilengkapi dengan “Nematocysts”, yaitu semacam alat yang bisa melepaskan sengatan atau racun dengan cepet. Ubur-ubur menggunakan alat itu buat berburu mangsa dan melindungi diri dari predator lain. Sampai saat ini, ada sekitar 2.000 spesies ubur-ubur yang telah diidentifikasi di seluruh dunia. Nah, dari antara ribuan spesies itu, ada beberapa yang tampak lebih unik daripada yang lain. Jika ubur-ubur biasa saja sudah unik, apalagi spesies-spesies unik tersebut.
Berikut spesies ubur-ubur terunik:
1. Tawon laut
Sementara, ubur-ubur yang satu ini adalah ubur-ubur paling mematikan, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu hewan paling mematikan di dunia! Laman Planet Deadly menyebut bahwa seekor ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri) atau biasa disebut tawon laut memiliki racun yang cukup untuk membunuh enam puluh orang dewasa! Yang membuat ubur-ubur ini sangat berbahaya karena mereka memiliki tentakel sepanjang 3 meter yang nyaris transparan sehingga korban sengatan sering kali tidak melihat mereka. Sengatan tawon laut bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa hingga menyebabkan syok dan gagal jantung dalam beberapa menit saja.
2. Ubur-ubur terbalik
Kalau ubur-ubur dari genus Cassiopeia ini dikenal unik bukan karena sengatannya, tapi cara bergeraknya. Mereka dinamakan ubur-ubur terbalik karena bergerak dengan tentakel di atas, kebalikan dari kebanyakan ubur-ubur. Menurut Australian Geographic, bukannya melayang-layang di air, mereka lebih suka berdiam diri di dasar laut menunggu mangsanya lewat.
3. Ubur-ubur atolla
Mereka terdiri dari enam spesies dan mereka hidup di laut dalam dengan kedalaman hingga 5.000 meter. Ubur-ubur atolla termasuk ordo Coronatae alias ubur-ubur mahkota dan sebutan itu memang cocok karena mereka tampak mencolok di dalam laut. Bagaimana tidak, saat merasa terancam oleh predator, ubur-ubur atolla akan mengeluarkan cahaya berwarna biru. Warna biru adalah warna yang sangat mudah terlihat di kedalaman laut yang gelap. Tujuan mereka memancarkan warna biru itu sendiri adalah menarik perhatian predator lain yang lebih besar.
4. Ubur-ubur telur goreng
Kalau yang satu ini pasti kamu sudah bisa menebak di mana letak keunikannya. Yap, ubur-ubur telut goreng mendapatkan namanya karena penampilannya yang persis telur goreng mata sapi. Ada dua spesies ubur-ubur yang mendapatkan nama tersebut, yaitu Cotylorhiza tuberculata yang hidup di Laut Mediterania dan Phacellophora camtschatica yang terdapat di beragam samudra di dunia.
Nah itulah spesies ubur-ubur terunik. Semoga bermanfaat!