Jenis Ikan Hias Air Tawar
Memiliki keinginan untuk mulai memelihara ikan hias adalah pilihan yang tepat. Selain dapat mempercantik interior ruangan, hewan peliharaan satu ini dapat menenangkan pikiran, loh.
Jenis ikan hias air tawar akuarium yang tergolong kawanan yang mudah dipelihara adalah ikan zebra, molly, koki, koi, guppi, angelfish, dan masih banyak lagi. Selain tidak mudah mati atau awet, ikan-ikan ini dikenal “cinta damai”. Itu artinya bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar akuarium lainnya.
Perkara menemukan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini tidaklah sulit. Di pasar ikan pasti tersedia stok jenis ikan hias air tawar ini. Simak selengkapnya!
1. Ikan Cupang
Kita sering mendengar nama ikan hias air tawar ini, karena jenis ikan hias cupang memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional.
Jika kita ingin memelihara ikan hias cupang ini jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu. Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya.
2. Ikan Guppy
Ikan Hias Jenis Guppy merupakan jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor kurang dari 2,5 cm.
Berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia sangat cepat. Ikan hias guppy mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.
3. Ikan Koi
Ikan koi termasuk jenis ikan yang paling banyak dipilih untuk dipelihara. Ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini cukup mudah dipelihara dan mudah mati.
Namun, biasanya ikan koi dipelihara di dalam kolam. Karena ikan ini bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dengan ciri khas warna-warnanya yang cantik. Ikan hias ini mulai berkembang di Jepang sejak 1920-an dan masih eksis hingga saat ini.
4. Ikan Manfish
Jenis ikan hias ini sangat mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Memiliki ciri – ciri badan yang pipih dan sirip yang memanjang serta memiliki banyak pilihan warna membuat ikan ini cocok sebagai penghias akuarium kamu.
5. Ikan Zebra
Danios Zebra atau yang biasa dikenal dengan nama ikan zebra ini merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Memiliki warna yang menyerupai kulit zebra dan memiliki panjang maksimal 7 sentimeter.
Ikan ini hidup dengan habitat kawanan yang banyak. Apabila berkeinginan memelihara ikan ini disarankan membelinya paling sedikit 5 ekor.
Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan ikan ini mati. Ikan ini juga cukup mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup untuk menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.
6. Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.
Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.
7. Ikan Oranda
Masih dari keluarga ikan mas koki, ikan hias air tawar oranda punya bentuk kepala yang unik dengan daging seperti sanggul di puncak kepalanya. Gerakan, lekuk, dan tubuhnya juga membulat cantik sehingga membuatnya tambah memesona. Untuk perawatannya, terapkan saja cara memelihara ikan mas pada umumnya supaya ikan hias air tawar ini makin awet.
8. Ikan Louhan
Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang sempat populer di tahun 2001 sampai 2002. Tren ikan hias memang terus berubah dan membuat para masyarakat yang hobi memelihara ikan louhan semakin berkurang. Walaupun begitu, masih ada orang yang memelihara ikan hias ini.
Ikan louhan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya, yaitu adanya jendolan di bagian kepala ikan. Ikan hias air tawar satu ini adalah jenis ikan yang tidak bisa dicampurkan dengan ikan lainnya karena bisa bertengkar.
9. Ikan Discus
Identik dengan badan lebar berwarna atraktif, ikan hias air tawar yang lucu ini bisa jadi pilihan untuk menghidupkan susasana rumahmu. Kunci utama dalam memelihara ikan hias air tawar ini adalah kamu wajib perhatikan suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius supaya kondisinya agak hangat dan kadar oksigennya stabil. Ikan hias air tawar ini merupakan spesies dari Amazon, jadi buatlah suasana akuarium dengan tambahan tanaman batang dan hiasan akuarium lainnya agar makin ideal.
10. Ikan Arwana
Jenis Arwana merupakan salah satu ikan hias yang masih populer sampai saat ini. Sisiknya yang unik dapat memikat siapa saja yang melihat ikat hias ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter.
Oh iya, ikan hias jenis arwana ini juga mempunyai mitos yang beredar di masyarakat bahwa apabila memelihara ikan hias arwana dapat memberikan kelancaran rezeki.