Fakta Rubah Arktik
Siapa, sih, yang gak mengenal rubah arktik? Mamalia imut menyerupai anjing ini punya ciri khas bulu yang seputih salju.
Mereka merupakan salah satu spesies rubah berukuran paling kecil. Biarpun begitu, mereka termasuk hewan yang sangat tangguh untuk bisa bertahan hidup di tengah ganasnya kutub utara yang superdingin dan minim makanan.
Tahukah kamu kalau rubah arktik bisa mencium keberadaan mangsanya yang bersembunyi jauh di balik lapisan salju? Simak semua fakta menarik rubah kutub yang wajib kamu tahu berikut ini!
1. Rubah Arktik membuat lubang untuk bertahan hidup
Rubah arktik atau nama ilmiahnya Vulpes lagopus adalah hewan yang sanggup bertahan di cuaca dingin hingga -58°F atau -70°C. Besar rubah arktik sekitar 50 sampai 70 cm dan berat 2,5 sampai 8 kg. Rubah arktik memiliki bulu cukup lebat, telinga kecil serta moncong pendek. Rubah arktik membuat lubang untuk bertahan hidup terutama saat badai salju menerpa. Mereka biasa ditemukan di daerah arktik sekitar Amerika Utara, Eropa, dan Asia. 
2. Suka makan sisa makanan beruang kutub
Walaupun terlihat seperti serigala, rubah arktik merupakan hewan omnivora atau pemakan segalanya. Rubah arktik bisa yang memangsa hewan kecil seperti leming, tikus, burung atau bahkan ikan tapi kadang juga memakan beri-berian atau biji-bijian. Jika makanan semakin langka, rubah arktik akan mengikuti beruang kutub dan mengambil sisa perburuan beruang kutub.
3.Diet dan Perilaku
Rubah Arktik adalah predator omnivora. Ia memangsa lemming dan hewan pengerat lainnya, anjing laut, ikan, burung, telur, serangga, dan invertebrata lainnya. Ia juga memakan buah beri, rumput laut, dan bangkai, terkadang melacak beruang kutub untuk memakan sisa-sisa pembunuhan mereka. Rubah Arktik mengubur kelebihan makanan dalam cache untuk disimpan untuk musim dingin dan perlengkapan pemeliharaan.
Rubah Arktik dimangsa oleh rubah merah, elang, serigala, serigala, dan beruang.
4.Habitat dan Distribusi
Seperti namanya, rubah Arktik hidup di tundra wilayah Arktik di Belahan Bumi Utara. Ini ditemukan di Kanada, Alaska, Rusia, Greenland, dan (jarang) Skandinavia . Rubah Arktik adalah satu-satunya mamalia darat asli yang ditemukan di Islandia .