Fakta Unik Angsa
Angsa termasuk salah satu hewan cantik yang juga menjadi simbol kesetiaan. Angsa ini didaulat sebagai hewan paling setia karena hanya memiliki satu pasangan dalam seumur hidupnya.
Di balik sifat setia dan tubuh cantiknya angsa ini punya fakta lain yang gak kalah menarik nih buat diketahui bersama.
1. Angsa bisa membedakan orang baik dan orang jahat
Angsa memiliki ingatan yang kuat dan itu membuatnya bisa mengenal mana orang yang baik dan tidak. Mereka memang dikenal sebagai hewan yang peka dan pintar di antara hewan sejenisnya.
2. Terdapat sekitar 25.000 helai bulu dalam tubuh angsa
Tampil cantik dengan bulu putih yang menutupi sekujur tubuhnya, angsa menjadi salah satu hewan dengan bulu terbanyak. Sepanjang tubuh angsa ditutupi oleh sekitar 25.000 helai bulu. Kalau bulu ini dijadikan bola peluncur untuk bermain badminton, seekor angsa bisa menghasilkan berapa banyak kock ya?
3. Hewan homoioterm
Hewan yang satu ini termasuk hewan homoioterm atau hewan yang suhu tubuhnya tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu lingkungan. Dengan demikian, hewan yang satu ini mampu bertahan cukup lama di habitat yang baru.
4. Bukan hewan dimorfisme
Angsa bukan termasuk hewan dimorfisme (hewan berkelamin ganda), meski bentuk serta warna hewan jantan dan betina mirip, umumnya hewan jantan memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dari hewan betina begitupula dengan berat tubuhnya.
5. Miliki Ingatan Kuat
Hal unik lain dari angsa putih ini adalah kemampuannya dalam mengingat.Hewan ini bisa mengingat orang atau angsa lain yang sudah bersikap baik padanya.Manusia yang bersikap baik padanya tidak akan mendapat serangan dari angsa ini.
6. Berbahaya Bila Diganggu
Walau terlihat anggun dan lembut, ternyata angsa putih cukup berbahaya jika sedang marah.Angsa putih bisa menyerang orang atau hewan lain yang mengganggunya atau sarangnya.Hewan ini bisa mencubit dengan paruhnya dan akan menyebabkan infeksi. Bahkan serangan angsa ini pernah membuat seorang pria Irlandia mengalami patah kaki pada tahun 2001. Jadi, sebaiknya jangan ganggu angsa putih yang sedang beaktivitas, ya.
Nah, itu tadi enam fakta unik tentang angsa putih yang sering jadi tokoh anggung di cerita dongeng.