Fakta Unik Zebra
Pernahkah Anda perhatikan belang-belang kuda Zebra. Manakah yang betul, kuda putih berbelang hitam atau sebaliknya.
Uniknya, belang-belang tersebut ibarat sidik jari alias setiap kuda zebra memiliki belang-belangnya sendiri dan tidak sama dengan zebra lainnya. Belang-belang tersebut membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator.
Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan, menyamarkan bentuk asli zebra. Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi.
Hewan ini memiliki banyak fatka unik , berikut ulasannya!
1.Garis Misterius
Zebra punya garis hitam putih yang sangat unik. Namun, garis itu masih menjadi misteri.Ada ilmuwan yang mengatakan, bahwa garis itu akan membuat predator kebingungan, saat zebra lari bergerombol.
Ada juga ilmuwan yang mengatakan, bahwa garis itu bisa mengurangi jumlah serangga yang suka menggigit hewan lain.Ada lagi ilmuwan yang mengatakan, bahwa garis itu bisa membantu zebra mengendalikan panas dan saling mengenal satu sama lain.
2.Rela berjalan jauh demi makan rumput
Zebra sangat suka makan rumput, terutama rumput segar.Untuk mendapatkan rumput segar, zebra rela berjalan jauh.Perjalanan untuk mencari rumput segar itu bisa sampai ribuan kilometer!
Biasanya, para zebra melakukan perjalanan jauh itu bersama-sama.
3.Kelompok dalam Kelompok
Zebra itu hidup berkelompok. Satu kelompok zebra bisa terdiri dari ribuan zebra.Uniknya, dalam satu kelompok besar itu, para zebra akan membentuk kelompok kecil lagi.Kelompok kecil ini biasanya terdiri dari zebra jantan, beberapa zebra betina, dan zebra anak-anak.
Jadi, satu kelompok besar zebra adalah kumpulan dari ratusan kelompok kecil zebra.
4.Peduli
Zebra termasuk hewan yang peduli terhadap temannya.Jika ada zebra yang terluka, zebra lain akan melindunginya.
Jika ada predator, zebra akan membentuk setengah lingkaran.Setelah itu, zebra akan mengusir predator itu bersama.
5.Zebra dapat mengeluarkan beberapa suara aneh dan unik
Zebra gunung memiliki suara meringkik seperti kuda, sedangkan suara meringkik zebra grevy cenderung mirip keledai. Hal unik lainnya, zebra dataran bisa mengeluarkan suara menyalak seperti anjing.
6.Warna dasar tubuh zebra adalah hitam, bukan putih
Warna putih yang cenderung dominan ternyata bukan warna dasar tubuh zebra, melainkan warna hitam yang jadi garis-garis loreng. Corak tubuh zebra bisa tercipta tergantung pada habitat dan jenisnya.
7.Zebra memiliki masalah serius dengan populasinya
Terdapat tiga spesies zebra: zebra gunung, zebra grevy, dan zebra dataran. Zebra grevy atau yang juga dikenal zebra primitif adalah jenis yang paling terancam populasinya karena kerusakan habitat dan perburuan liar.
Di alam liar, diperkirakan hanya 2 ribu zebra grevy yang tersisa. Serupa dengan nasib kerabatnya, zebra gunung mengalami posisi rentan punah karena hilangnya habitat dan jumlah. Zebra gunung diperkirakan hanya 9 ribu.
8.Meskipun sekilas mirip kuda, zebra tidak bisa dijinakkan
Kuda dan zebra punya profil tubuh yang mirip, namun ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya, yaitu sifat agresif zebra yang lebih menonjol dibanding kuda yang bisa dijinakkan.
Zebra dan kuda ibarat serigala dan anjing. Mereka berdua sekilas tak berbeda, tapi punya sifat yang bertolak belakang. Sekarang kamu lebih mengenal zebra. Bukan sekadar motifnya saja, melainkan juga sifat, ras, dan keunikannya.
Itulah beberapa fakta unik mengenai Zebra yang mungkin belum kalian ketahui dan dapat menjadi pengetahuan baru untuk kalian.