Ciri Kucing Maine Coon
Maine Coon adalah kucing peliharaan bertubuh besar dan berbulu panjang.
Kucing raksasa ini namanya Maine coon. Kucing ras alami paling tua di Amerika Utara ini dinamai sesuai asalnya yakni dari Maine, yakni salah satu negara bagian di Amerika. Keunikannya ialah hasil dari persilangan antara kucing berbulu pendek dan kucing berbulu panjang karena keunikan bentuknya maka ada mitos yang menyatakan bahwa kucing Maine Coon merupakan hasil persilangan antara kucing peliharaan ratu Perancis dengan hewan racun.
Maine Coon memiliki ukuran sedang hingga besar. Dan pada umumnya kucing jantan lebih besar dari kucing betina. Tubuhnya panjang dan ekornya juga panjang. Karena alasan ini, dia mungkin terlihat jauh lebih besar dari kucing-kucing lainnya. Maine Coon adalah kucing berotot yang berperawakan besar. Awalnya kucing ini adalah kucing yang hidup di alam bebas tapi kemudian dipelihara oleh manusia untuk membersihkan rumah dari tikus. Kucing ini salah satu pemburu tikus yang paling baik.
Ciri-ciri kucing maine coon berikut ini:
1. Tubuh yang besar dan panjang
Kucing ini cukup tinggi, berotot dan tulangnya besar. Pejantan maine coon umumnya punya berat badan sekitar 6—9 kilogram dan panjang badan mencapai 1 meter. Untuk kucing maine coon betina, biasanya lebih kecil daripada jantan, yaitu dengan berat badan 4—6 kilogram. Dengan tambahan bulu musim dingin sekitar 7 sentimeter membuat maine coon terlihat lebih besar dan panjang bahkan pernah tercatat ada yang mencapai badan 121 sentimeter (dihitung dari ujung kepala sampai ekor). Seperti ras kucing besar lainnya, meskipun mempunyai tubuh besar dan panjang, pertumbuhan dan perkembangan kucing maine coon tergolong lambat, lho. Ini dibuktikan dengan bentuk tubuh dewasa yang baru bisa dicapai pada umur 3—5 tahun.
2. Mata besar
Mata kucing ini memiliki ukuran mata besar dan lebar. Umumnya jenis kucing ini memiliki warna mata kuning dan hijau. Sedangkan kucing putih bisa memiliki warna mata biru dan odd eyes (dua warna mata berbeda). Fakta menarik dari kucing ini ketika kecil memiliki warna biru. Ketika dewasa warna mata akan berubah mengikuti warna dominan kucing.
3. Ekor panjang dan bulu halus
Salah satu cara membedakan kucing Maine Coon dan kucing ras lain, ada pada ekor. Ekor hewan ini lebih panjang dibandingkan kucing lain dan memiliki bulu lebat.
4. Warna-warni kucingnya
Salah satu dari sekian banyak keunikan kucing maine coon ialah punya banyak variasi warna. Seperti yang sudah dikutip dalam Wikipedia Indonesia, pola warna kucing maine coon terdiri atas tabby klasik atau makarel (cokelat + abu-abu), merah (cokelat kejinggaan + krem). Selain itu, ada juga yang berwarna solid (putih/hitam/biru/merah), tortoiseshell (hitam + biru), dan silver (perak-hitam/perak-biru/perak-merah/perak-krem).
5. Bentuk kepala yang unik
Ciri fisik utama yang dimiliki kucing maine coon ini terdapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu, dan bulu di sekitar leher yang menyerupai singa. Si kucing mempunyai telinga yang besar dan lancip pada bagian ujungnya dan diselimuti bulu lebat. Kepalanya mempuyai ukuran yang sedang dan lebar, dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang menonjol. Matanya lebar dan sedikit oval, bisa terlihat bulat ketika matanya terbuka lebar. Hidungnya pun lebar dan sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam, menambah ciri-ciri yang hanya dimiliki si kucing maine coon ini. Kemudian, bagian leher berukuran sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuat.
6. Telinga besar dan berjumbai
Ciri khas Maine Coon adalah telinga besar, panjang, dan memiliki jumbai di bagian tepi. Jarak antara telinga di kepala hampir dekat. Berbeda dengan kucing Persia yang jarak telinganya menjauh dan lebih kecil.
Nah itulah ciri-ciri kucing maine coon. Semoga bermanfaat!